OPTIMALISASI PENYUSUNAN RENCANA KERJA DAN ANGGARAN

Polije Selenggarakan Rapat Kerja
Momentum penyelenggaraan Rapat Kerja (raker) menjadi bagi penting dan strategis dalam mensosialisasikan program kerja dan anggaran pada tahun berjalan serta melakukan evaluasi dan prosesi penyusunan rencana program kegiatan dan anggaran pada tahun mendatang.
Demikian halnya yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Jember (Polije) selama tiga hari mulai Jum’at-Minggu (12-13/5) kemarin bertempat di Kalibaru Cottage, telah menyelenggarakan raker dengan agenda sosialisasi program, kegiatan dan anggaran tahun 2017 serta penyusunan rencana program kegiatan dan anggaran untuk tahun 2018.
Dalam laporannya Ketua Panitia Raker Surateno, S.Kom, M.Kom menegaskan bahwa mekanisme penyusunan rencana kerja dan anggaran tahun depan dilakukan perubahan dengan melakukan pelibatan unit kerja. Sistematika penyusunan rencana harus rasional dan berbasis indikator kinerja.
“Prosesi penyusunan rencana kegiatan dan anggaran harus berdasarkan indikator kinerja. Proses penyusunannya dkan dilakukan pendampingan oleh tim fasilitator agar rencana kerjanya realistis, sesuai dengan pagu anggaran”, papar Surateno. Pada minggu ketiga di bulan Mei, setiap unit kerja wajib menyusun rencana kegiatan dan terjadwal melakukan sistensi dengan tim fasilitator.
Pada sesi awal raker, Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM memaparkan target kinerja Polije pada tahun 2017. “Kita harus bekerjasama untuk mencapai target kinerja yang merupakan pakta integritas dan telah ditandatangani dengan Menteri Ristekdikti”, tutur Nanang Dwi Wahyono. Menurutnya sebagian besar target kinerja tersebut akan mampu dilampaui, dan beberapa hal diantara target kinerja harus memerlukan kerja keras dan perlu strategi agar mampu dicapai.
Berdasarkan rencana pengembangan institusi yang tertuang dalam rencana strategis (renstra) Polije 2015-2019, usulan program dari setiap unit kerja harus relevan dan sinkron untuk membantu tercapainya renstra Polije sekaligus renstra Kemenristekdikti.
“Usulan program, kegiatan dan anggaran tahun 2018 oleh unit kerja harus didasari dari rencana strategis masing-masing unit kerja yang bersangkutan dengan fokus program dan kegiatan yang mengarah pada pencapaian indikator kinerja”, kata Saiful Anwar Wadir Bidang Umum dan Keuangan.
Sedangkan kronologi penjadwalan penyusunan program, kegiatan dan anggaran tahun 2018 meliputi penyusunan program kegiatan pada minggu ke 3, bimbingan dan telaah usulan oleh fasilitator pada minggu ke 4 semua dibulan Mei 2017, revisi usulan pada minggu ke 4 dan ke 1 dibulan Juni 2017. Selanjutnya tim fasilitator mengkompilasi dan menyerahkan ke Pimpinan melalui Sub Bagian Perencanaan pada minggu ke 3 bulan Juni 2017.
Dengan mekanisme perencanaan yang demikian menjadi bagian yang efektif dan strategis pelibatan unit kerja serta usulan program dan anggarannya realistis sesuai pagu anggaran.

 Keterangan foto :
Raker 2017 : Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM didampingi Wakil Direktur I, II dan III ketika membuka Rapat Kerja Sosialisasi Program Kegiatan dan Anggaran tahun 2017

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

08 October 2018
Bagi peserta Ujian Sertifikasi Microsoft 2018, ser...
27 September 2018
TATA TERTIB PELAKSANAAN TEST TOEIP 6-7 OKT 2018 DA...
25 September 2018
Bersama dengan ini disampaikan dengan hormat Infor...
17 September 2018
FORMULIR PERSYARATAN SILAHKAN DIUNDUH DIBAWAH IN...
Tue
Aug
21
2018
Berikut adalah jadwal kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus b...
Tue
Aug
07
2018
Adapun alur pendaftaran dan buku petunjuk dapat di unduh pad...
Fri
Aug
03
2018
Jadwal Acara Pengarahan Pengenalan Kegiatan Kehidupan Kampus...
Wed
Aug
01
2018
Berikut adalah Jadwal dan Tata Tertib Tes Kemampuan Bahasa I...