POLIJE MENSAHKAN KURIKULUM PRODUCT BASED

Diterapkan mulai Tahun Akademik 2017/2018
Hakikat kurikulum adalah suattu program yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai sejumlah tujuan pendidikan tertentu. Makna kurikulum akan dapat dirasakan manakala diaplikasikan, pengaplikasian akan semakin terarah jika sesuai dengan kurikulum rencana, dan selanjutnya hasil pengaplikasian tersebut akan memberikan masukan untuk penyempurnaan rancangan. Inilah hakekat pengembangan kurikulum yang selalu berputar, berjalan, dan membentuk suatu siklus.
Optimalisasi proses pembelajaran untuk menghasilkan kwalitas lulusan yang berdaya saing, Politeknik Negeri Jember (Polije) Sabtu (13/5) kemarin telah mensahkan kurikulum yang berbasis produk (product Based). Rapat koordinasi penyusunan kurikulum yang dilaksanakan di Kalibaru Cottage, diawali dengan paparan kurikulum dari setiap program studi (prodi). Penyusunan kurikulum tersebut berorientasi pada produk.
Kurikulum product based tersebut bertujuan untuk mengefektifkan dan mengefisienkan anggaran untuk mencapai kompetensi lulusan yang lebih baik. “Penyusunan kurikulum product based untuk menjawab kebutuhan dunia industri akan SDM yang trampil dan kompeten”, tandas Nanang Dwi Wahyono.
Kebijakan pemerintah melalui Kemenristekdkti, untuk meningkatkan relevansi PT dengan kebutuhan dunia kerja dan industri, ke depan jumlah PT vokasi harus ditingkatkan dan keterlibatan dunia industri harus diintensifkan.
Untuk mendukung hal tersebut kementerian Ristekdikti juga melakukan revitalisasi, agar PT vokasi mampu mengembangkan program link and match dengan dunia industri dan menghasilkan tenaga kerja yang profesional dan mendukung pengembangan 14 kawasan ekonomi khusus (KEK) dan mampu menjawab tantangan persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
“Alhamdulillah Polije menjadi salah satu Politeknik yang mendapatkan program revitalisasi dan menjadi salah satu PT mempunyai Pusat Unggulan Iptek (PUI)”, imbuh Nanang Dwi Wahyono. Disamping itu Polije juga sudah mendapatkan lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan terbentuknya Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1) yang akan menguji kompetensi mahasiswa yang akan lulus. LSP P1 akan menerbitkan sertifikasi yang menjadi bagian penting dari Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI).

Keterangan foto :
Pengesahan Kurikulum : Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM di dampingi Wakil Direktur I, II dan III serta Ketua Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (P4M) ketika Mengesahkan Kurikulum Berbasis Produk.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

11 October 2017
Perpanjangan Pendaftaran AITEC 2017  
09 October 2017
Informasi Terkait Kartu Ujian dan Jadwal Seleksi K...
Mon
Aug
21
2017
Berikut adalah jadwal pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidu...
Thu
Aug
17
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Fri
Jul
28
2017
Fri
Jul
21
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...