MAHASISWA POLIJE GELAR PRODUK WIRAUSAHA

Melalui Bazar Ramadhan Dharma Wanita
Disudut ruang Bazar Ramadhan yang diselenggarakat oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Politeknik Negeri Jember (Polije) Senin (19/6) kemarin, ada dua meja yang dijaga para mahasiswa yang mendisplaikan sejumlah produk hasil karya wirausaha mahasiswa.
Bazar Ramadhan yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Perjuangan 45, merupakan acara tahunan dan diselenggarakan pada bulan Ramadhan, kerjasama antara pengurus DWP dan Polije dengan membagikan paket sembako senilai 450 ribu yang hanya dibayar sebesar 100 ribu rupiah.
Menurut Wakil Direktur Bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si, mahasiswa semester dua yang menempuh mata kuliah kewirausahaan, di edukasi untuk menyusun perencanaan bisnis sampai menghasilkan produk dan membuat laporan keuangannnya. “Perkuliahan mata kuliah Kewirausahaan mengajarkan langsung kepada mahasiswa mulai perencanaan sampai memproduksi dan memasarkan”, ujarnya.
Produk wirausaha yang kemarin di pasarkan meliputi : Samosa dengan varian ikan Kambing, pempek, naget dan abon prosesing oven. “Kami diajari berinovasi dalam proses produksi dan pemasarannya”, kata Lutfiah sambil melayani pembeli.
Menurut dia, dalam proses produksi ditekankan harus melakukan inovasi, bisa inovasi dalam aspek rasa, isi produk, bentuk produk dan kemasan. “Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi kami yang masih semester dua, agar kedepan mempunyai jiwa wirausaha”, tandas Lutfiah.
Menurut Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, ada tiga kunci yang harus dipegang agar usaha yang dirintis bisa sukses. Ketiganya adalah waktu , Keseriusan dan Kegigihan. Selain itu, belajar dari kegagalan merupakan pintu masuk menuju kesuksesan. “Jika satu lulusan kelak mampu menjadi wirausahawan dan pada gilirannya dapat memberdayakan tenaga kerja , maka Indonesia akan sejahtera”, tuturnya.
Polije mempunyai Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan, yang berperan memberikan penguatan pada aspek soft skills dan pengembangan Entrepreneurship, agar mahasiswa memiliki inisiatif, motivasi, kreatifitas dan kritis untuk membentuk karakter diri yang Jujur, Cerdas, Tangguh dan Peduli. Dengan jiwa kewirausahaan, diharapkan lulusan Polije akan mampu sebagai pencari kerja (job seeker) daripada pencipta lapangan pekerjaan (job creator).
Polije dengan kurikulum berbasis produk yang menitik beratkan penguasaan skill, merupakan pilihan perguruan tinggi yang tepat,  sebagai jembatan untuk memenangkan persaingan dalam memasuki dunia industri yang semakin kompetitif.
Dengan didukung oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP P1) lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Polije menguji kompetensi mahasiswa semester akhir, yang kelak ketika lulus, setiap lulusan Polije disamping mendapatkan ijasah, juga akan mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI) yang terdiri dari sertifikat kompetensi, sertifikat trampil berkomunikasi dalam bahasa Inggris (TOEIC) serta sertifikat ESQ.

Keterangan foto :
Produk Wirausaha : Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM didampingi para Wakil Direktur ketika meninjau stand wirausaha mahasiswa pada kegiatan Bazar Ramadhan.
.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

21 July 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
18 July 2017
Berikut kami sampaikan jadwal ujian sertifikasi mi...
14 July 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
11 July 2017
Program Studi Akuntansi Sektor Publik menghasilkan...
Mon
Jun
05
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Fri
Jun
02
2017
Jalur MANDIRI 2017 merupakan penerimaan mahasiswa baru Po...
Mon
May
08
2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS HASIL SELEKSI ADMINISTRAT...
Mon
May
08
2017
INFORMASI TENTANG PENGUMUMAN SELEKSI MABA JALUR PMDK-PN POLI...