POLIJE BUKA PRODI AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

Pendaftaran mulai Senin Kemarin
Terhitung mulai Senin (10/7) kemarin Politeknik Negeri Jember (Polije) secara resmi membuka pendaftaran seleksi mahasiswa baru (maba) jalur Mandiri II dengan program studi (prodi) Akuntansi Sektor Publik. Pembukaan prodi Akuntansi Sektor Publik berdasarkan Keputusan Menteri Ristekdikti nomor : 344/KPT/I/2017 tanggal 13 Juni 2017 dengan jenjang Sarjana Sains Terapan (SST).
Pertimbangan yang melandasi pembukaan prodi Akuntansi Sektor Publik adalah masih terbukanya peluang pasar akan kebutuhan jasa akuntan publik di Indonesia. Pertumbuhan investasi dan geliat dunia usaha semakin signifikan. Pemerintah sangat memerlukan validitas audit laporan keuangan dunia usaha sebagai dasar perhitungan pajak untuk mendongkrak pendapatan negara melalui Ditjen Pajak.
Demikian dipaparkan Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM pada rapat koordinasi persiapan penerimaan maba jalur Mandiri II. “Hal ini menjadi peluang besar akan kebutuhan jasa akuntan publik di Indonesia”, urainya.
Menurut dia, saat ini pertambahan jumlah akuntan publik baru dan jumlah kantor akuntan publik baru di Indonesia, masih kurang seimbang dibandingkan dengan jumlah perusahaan sebanyak 16.000 lebih dan penduduk Indonesia 250 juta jiwa.
Pemerintah perlu memperhatikan dan mengusahakan pendidikan bagi akuntan dan menambah jumlah akuntan secara berkelanjutan demi menjaga sistem akuntansi yang telah  ditetapkan.
Menurut Wakil Direktur Bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si, kuota prodi Akuntansi Sektor Publik untuk angkatan pertama ini sebanyak 40 mahasiswa. “Bagi yang berminat dan ingin berkarir sebagai akuntan publik, silahkan memenfaatkan jalur mandiri ini untuk mewujudkan minat dan cita-citanya”, ujarnya.
Menurut dia, pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://pmb-online.polije.ac.id, dan akan ditutup pada Kamis (10/8) bulan depan, serta tes tulisnya dilaksanakan pada Sabtu (12/8) dua hari berikutnya.
“Materi tesnya meliputi : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Akuntansi dan Ekonomi”, papar Abi Bakri.
Jalur Mandiri II prodi Akuntansi Sektor Publik ini terbuka bagi semua lulusan SMA/SMK/MA dan Paket C semua jurusan serta mempunyai umur maksimal 24 tahun terhitung pada 1 Septeber 2017.
Langkah pertama yang harus dilakukan setiap pendaftar adalah membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- melalui teller atau loket Bank BRI di seluruh Indonesia dengan nomor rekening 0021-01-001743-30-6 Bank BRI Cabang Jember atas nama BPN131 Politeknik Negeri Jember. Selanjutnya proses scan bukti pembayaran bank dan melakukan proses registrasi dengan “klik” REGISTER pada laman pendaftaran. Setelah diverifikasi oleh panitia, selanjutnya pendaftar akan menerima PIN melalui layanan pesan pendek (SMS), yang akan digunakan untuk login untuk melakukan proses lanjutan pendaftaran. Proses pendaftaran dikatakan tuntas manakala, berhasil melakukan simpan final dan mencetak kartu peserta ujian, yang nanti harus dibawa pada saat ujian tulis disamping kartu identitas baik berupa KTP, SIM, kartu pelajar atau paspor.

Keterangan foto :
Angkatan Pertama : Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM ketika Menyerahkan SK Menteri Ristekdikti tentang Ijin Pembukaan Prodi Akuntansi Sektor Publik kepada Wadir I, dengan didampingi Wadir II dan III

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Mon
Aug
21
2017
Berikut adalah jadwal pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidu...
Thu
Aug
17
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Fri
Jul
28
2017
Fri
Jul
21
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...