1674 MAHASISWA POLIJE SEMESTER AKHIR IKUTI UJI KOMPETENSI

Bagian dari Surat Keterangan Pendamping Ijasah
Selama dua hari mulai Sabtu dan Minggu (22-23/7) kemarin, Politeknik Negeri Jember (Polije) menyelenggarakan uji kompetensi Microsoft Office yang meliputi Microsoft Word, Excel, dan Power Point yang berstandar Microsoft. Sertifikasi ini didesain khusus sebagai Microsoft Silver Certified Partner in Learning Solutions.
Uji kompetensi kemarin diikuti oleh 1674 mahasiswa semester akhir yang akan mengikuti wisuda. Uji Kompetensi ini menjadi syarat kelulusan dan menjadi bagian program Polije dalam membekali lulusan, disamping mendapatkan Ijasah juga akan memperoleh Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI) berupa Sertifikasi Kompetensi sesuai bidang yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP P1) Polije, sertifikasi TOEIC dan sertifikasi bidang TIK (Microsoft).
Demikian dipaparkan oleh Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM. “Pembangunan saat ini dan mendatang sangat membutuhkan tenaga kerja yang terdidik dan terampil. Menjadi kewajiban semua komponen bangsa untuk menyiapkan diri baik dalam aspek kompetensi SDM maupun sistem produksi dan jasa agar mampu bersaing dan memanfaat peluang tersebut”, paparnya.
Menurut dia, sesuai dengan kebutuhan dunia industri akan tenaga yang terdidik dan terampil, Polije konsisten membekali lulusannya bukan hanya pengetahuan pada bidangnya masing-masing dan karakter unggul serta akhlak mulia saja, akan tetapi juga pada aspek ketrampilan dan sikap melalui proses sertifikasi kompetensi.
Menurut Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Nugroho Setyo Wibowo, ST, MT, Polije dan Microsoft Learning Solution bekerja sama memberikan keahlian teknologi terkini kepada mahasiswa dengan cara memberikan Ujian Sertifikasi Microsoft. “Diharapkan mahasiswa memiliki keahlian teknologi terkini dan siap mengaplikasikannya dalam dunia kerja dan pendidikan”, ujarnya.
Teknologi komputer dan perangkat lunak saat ini telah menjadi suatu kebutuhan primer dalam pekerjaan. Pada abad ke-21 ini semua perusahaan/institusi mengharapkan sumber daya manusia yang akan dipekerjakan maupun yang telah bekerja di perusahaan/institusi memiliki kemampuan dasar untuk melakukan tugas sehari-hari menggunakan teknologi terkini.
Peserta yang lulus ujian akan menerima sertifikat dari Microsoft Learning Solution. Serifikat dari Microsoft ini berlaku secara internasional dan seumur hidup. Bagi peserta yang telah lulus ujian dapat mengajukan diri untuk memperoleh sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk cluster kompetensi Office.
“Peserta yang telah lulus ujian sertifikasi Microsoft ini tidak perlu melakukan uji kompetensi lagi, sebab sertifikat dari Microsoft Learning Solution ini telah diakui oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) TIK Indonesia yang ditunjuk oleh BNSP sebagai bukti kompetensi”, tandas Nugroho.

Keterangan foto :
UK Microsoft Office : Mahasiswa Semester Akhir Polije ketika mengikuti Uji Kompetensi Microsoft Office bekerjasama dengan Microsoft Learning Solution, yang menjadi bagian penting Surat Keterangan Pendamping Ijasah

Pengumuman Politeknik Negeri Jember