LANTIK DAN SUMPAH PROFESI TENAGA KESEHATAN

Diikuti 118 Yudisi Jurusan Kesehatan
Rangkaian menyongsong prosesi wisuda ke 30 Politeknik Negeri Jember (Polije) tahun akademik 2016/2017, setiap jurusan mengadakan prosesi Yudisium yang dilaksanakan pada Senin dan Selasa  kemarin.
Khusus bagi lulusan Jurusan Kesehatan, disamping mengikuti prosesi wisuda, juga mengikuti prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi sebagai Tenaga Kesehatan (nakes) yang dilaksanakan menjadi satu rangkaian prosesi Yudisium Selasa (1/8) kemarin.
Menurut Ketua Jurusan Kesehatan Sustin Farlinda, S.Kom, MT, lulusan Jurusan Kesehatan untuk berkiprah didunia kerja khusus yang dibawah Kementerian Kesehatan, harus mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) Tenaga Kesehatan. “Untuk memperoleh STR, lulusan Jurusan Kesehatan harus mempunyai sertifikat Kompetensi dan sertifikat Sumpah Profesi”, ujar Sustin Farlinda. Menurut dia, pelantikan dan pengambilan sumpah profesi diikuti oleh 61 yudisi dari Program Studi (prodi) Rekam Medik dan 57 yudisi prodi Gizi Klinik.
Selanjutnya untuk memperoleh sertifikat Kompetensi, lulusan Jurusan Kesehatan harus mengikuti Ujian Kompetensi yang dilaksanakan oleh organisasi profesi masing-masing, untuk lulusan prodi Rekam Medik dilakukan oleh Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia (Pormiki) dan untuk prodi Gizi Klinik melalui oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi).
Pada prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah profesi sebagai Tenaga Kesehatan kemarin, bagi lulusan prodi Rekam Medik dilakukan oleh Anna Rosa, A.Md, PK, SH Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pormiki Jawa Timur, sedangkan lulusan prodi Gizi Klinik dilakukan oleh Agus Sri Wardoyo, S.KM, MM sebagai Jetua DPD Persagi Jawa Timur.
“Hampir semua lulusan Jurusan Kesehatan sudah diserap di berbagai rumah sakit dan klinik yang tersebar di kabupaten dan kota di Pulau Jawa dan beberapa provinsi lainnya sebagai ahli Perekam Medik dan Ahli Gizi, disamping juga ada yang diserap di perusahan katering, perbankan dan berwirausaha”, tandas Sustin Farlinda.
Ketua Majelis Tenaga Kesahatan Profesi Provinsi Jawa Timur Hertanto, S.KM, M.Si menuturkan bahwa nakes berperan besar dalam menentukan pembangunan kesehatan. Bekerja sebagai nakes dilakukan dengan mengabdi kepada kemanusiaan dan menjadi pelayan masyarakat. Oleh karena itu, banyak tantangan yang harus dihadapi dan disikapi serta senantiasa harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, cinta-kasih, dan rasa bangga melayani ciptaan Tuhan.
“Tenaga Kesehatan merupakan pekerjaan yang mulia dan layak disebut sebagai pahlawan kemanusiaan dan pahlawan kesehatan, karena telah berusaha sungguh-sungguh mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dan meningkatkan kualitas hidup rakyat Indonesia yang sebaik-baiknya”, tuturnya.
Menurut Wakil Direktur Bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si, Yudisium merupakan prosesi pelepasan mahasiswa ditingkat Jurusan, sekaligus penghargaan bagi mahasiswa karena telah berhasil menyelesaikan studinya sesuai bidang keahlian atau core competency masing-masing serta berhak menyandang gelar akademik. “Mahasiswa yang berhak mengikuti Yudisium manakala telah dinyatakan memenuhi syarat baik persyaratan akademik maupun administratif”, paparnya.

Keterangan foto :
Pelantikan dan Sumpah Profesi: Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Tenaga Kesehatan pada Jurusan Kesehatan Polije pada Rangkaian Yudisium di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Fri
Jul
21
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Tue
Jul
18
2017
Berikut kami sampaikan jadwal ujian sertifikasi microsoft ta...
Fri
Jul
14
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Wed
Jun
07
2017
Jalur MANDIRI 2017 KAMPUS BONDOWOSO merupakan penerimaan m...