LAM-PTKES VISITASI AKREDITASI PRODI REKAM MEDIK

Tahapan akreditasi program studi (prodi) Rekam Medik Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Jember (Polije) beberapa hari lalu dilakukan asesmen lapang atau visitasi oleh tim asessor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).
Tim Asessor yang terdiri dari Dr. Tris Eryando, MA dari FKM Universitas Indoensia dan Terang Uli Sembiring, S.Si, M.Si dari Poltekes Kemenkes Medan, melakukan visitasi ke salah satu Rumah Sakit Jember Klinik Jember sebagai mitra tempat magang, bertemu dengan 3 perwakilan stake holder yaitu RS Citra Husada Jember, RS. Jember Klinik Jember dan Klinik Suherman Jember, serta mewawancarai 15 alumni yang telah bekerja di berbagai instusi kesehatan.
Menurut Ketua Jurusan Kesehatan Sustin Farlinda, S.Kom, MT, asesmen lapang menjadi bagian tahapan akreditasi yang telah dimulai pada awal April 2017 dengan melakukan pendafaran secara online. “Diawali dengan pendaftaran secara online, dilanjutkan pendampingan oleh fasilitator dan akhirnya pada akhir Juli 2017 dinyatakan lolos asesmen kecukupan”, paparnya.
Menurut dia, pada asesmen lapang ini kami menguatkan data bahwa lulusan prodi Rekam Medik mempunyai masa tunggu rata-rata 4 bulan. “Rata-rata masa tunggu lulusan adalah 4 bulan, akan tetapi banyak sekali yang belum prosesi wisuda sudah mendapatkan pekerjaan”, Cetus Sustin dengan bangga.
Lulusan prodi Rekam Medik 85 persen bekerja di institusi kesehatan dan 10 persen didunia pendidikan tinggi baik sebagai pendidik maupun tenaga kependidikan. Sedangkan sebaran lulusan hampir seluruh nusantara,baik di banyak Rumah Sakit di seluruh provinsi di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali bahkan sampai dengan Papua.
Menurut Dr. Tris Eryando, MA, tujuan akreditasi oleh LAM-PTKes bukan hanya untuk memberikan status dan peringkat akreditasi prodi saja, tetapi utamanya adalah untuk menumbuhkan kesadaran, motivasi, dan langkah-langkah konkret yang akhirnya bermuara pada budaya peningkatan mutu berkelanjutan.
“Tujuan utama akreditasi untuk menunjang atmosfer akademik untuk membangun budaya peningkatan mutu berkelanjutan”, tandasnya
LAM-PTKes didirikan oleh Organisasi Profesi dan Asosiasi Institusi Pendidikan dari 7 bidang ilmu kesehatan, yaitu:  Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Masyarakat, Farmasi dan Gizi.
Menurut jadwal di akhir Agustus bulan ini, diagendakan sidang penilaian hasil akreditasi dan pada awal September sudah bisa dipublikasi hasil akreditasinya.

Keterangan foto :
Akreditasi Rekam Medik : Tim Asessor LAM-PTKes Dr. Tris Eryando, MA dari FKM UI dan Terang Uli Sembiring, S.Si, M.Si dari Poltekes Kemenkes Medan ketika Visitasi Akreditasi Prodi Rekam Medik.

 

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

04 December 2018
Program Lintas Jenjang (PLJ) merupakan jalur pen...
04 December 2018
Penelusuran Minat dan Kemampuan Prestasi Akademi...
Mon
Oct
08
2018
Bagi peserta Ujian Sertifikasi Microsoft 2018, sertifikat da...
Thu
Sep
27
2018
TATA TERTIB PELAKSANAAN TEST TOEIP 6-7 OKT 2018 DAN DAFTAR P...
Tue
Sep
25
2018
Bersama dengan ini disampaikan dengan hormat Informasi, Taha...