BERKAT KERJA KERAS, POLIJE MASUK KLASTER SATU

Pemeringkatan Politeknik Se Indonesia
Pada momen bersejarah peringatan 72 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Politeknik Negeri Jember (Polije) Kamis (17/8) minggu lalu mendapatkan kado yang sangat membanggakan dan istimewa, dengan masuknya klaster 1 pemeringkatan Politeknik se Indonesia.
Pengumuman pengelompokan/klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2017 diumumkan langsung oleh Menteri Ristekdikti Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., yang ddidampingi oleh Sekretaris Jenderal, Inspektur Jenderal, para Direktur Jenderal serta Staf Ahli Menteri di Lingkungan Kemenristekdikti di Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek Serpong usai upacara HUT RI Ke-72.
Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM mengungkapkan kebanggaan dan bahagianya Polije masuk kategori 10 Politeknik terbaik se Indonesia. Polije meraih peringkat 6 diantara 188 Politeknik di Indonesia, “Prestasi ini merupakan kerja keras, kerja cerdas dan kerja bersama-sama seluruh sivitas akademika dalam memaksimalkan pencapaian Tri Dharma dan mengelola setiap potensi dan SDM sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing”, ujarnya.
Pengelompokan/Klasterisasi ini dilakukan untuk memetakan perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan dalam melaksanakan tridharma, termasuk di dalamnya kesehatan organisasi. Pemeringkatan ini dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok PT jenis Politeknik dan PT non Politeknik.
Pemeringkatan perguruan tinggi telah dimulai sejak tahun 2015 sebagai upaya menjaga mutu dan kualitas perguruan tinggi, serta memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai mutu perguruan tinggi yang ada di Indonesia.
Klasterisasi pada tahun 2017 ini dilihat melalui indikator performa perguruan tinggi Indonesia dengan komponen utama a) Kualitas SDM; b) Kualitas Kelembagaan; c) Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan; serta d) Kualitas Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Pada tahun ini ada pengembangan indikator penunjang lainnya meliputi : pengabdian kepada masyarakat, Jumlah program studi terakreditasi Internasional dan Jumlah mahasiswa.
Dari hasil analisis terhadap data-data yang tersedia baik data pada Pangkalan Data Perguruan Tingi (PD DIKTI) Kemenristekdikti, data-data yang dikeluarkan oleh unit utama terkait pada Kemenristekdikti, maupun sumber-sumber lain yang relevan, maka diperoleh hasil untuk kelompok perguruan tinggi politeknik, dihasilkan 5 (lima) k;aster perguruan tinggi Politeknik dengan komposisi: klaster 1 berjumlah 10 politeknik; klaster 2 berjumlah 19 politeknik; klaster 3 berjumlah 53 politeknik, klaster 4 berjumlah 54 politeknik, dan klaster 5 berjumlah 52 politeknik.
Selanjutnya, Nanang Dwi Wahyono berharap agar dapat mempertahankan prestasi ini dan meningkatkan pada tahun mendatang, dengan selalu meningkatkan sistem dan program kerja, kinerja tri dharma, evaluasi kurikulum, peningkatan kompetensi pendidikan, tenaga kependidikan dan mahasiswa. “Saya ucapkan terima kasih kepada sivitas akademika atas kerja kerasnya, ayo selalu tingkatkan prestasi dan karya unggul untuk kemajuan lembaga, bagsa dan negara”, tekadnya.

Keterangan foto :
Prestasi Membanggakan : Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM bersama-sama dengan Wakil Direktur I, II dan III seusia Upacara Bendera Memperingati Proklamasi Kemerdekaan di Kampus Vokasi Unggulan Polije

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Mon
Aug
21
2017
Berikut adalah jadwal pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidu...
Thu
Aug
17
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Fri
Jul
28
2017
Fri
Jul
21
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...