MABA POLIJE IKUTI PROGRAM BELA NEGARA

Kerjasama dengan Secaba Rindam V Brawijaya Jember
Sebanyak 2.254 peserta yang terdiri atas 2.226 mahasiswa baru (maba) Politeknik Negeri Jember dan 28 peserta yang berasal dari mahasiswa semester III yang belum mengikuti PKKMB sedang mengikuti program Bela Negara yang dilaksanakan bekerjasama dengan Sekolah Calon Bintara (Secaba) Rindam V Brawijaya Jember.
Program Bela Negara menjadi satu rangkaian dari program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). PKKMB sudah dimulai pada Senin (28/9) minggu lalu dengan acara pelantikan maba 2017, dilanjutkan pada Selasa dan Rabu keesokan harinya dengan materi pengenalan pendidikan tinggi di Indonesia, kegiatan akademik, fasilitas dan sarana prasarana, kegiatan kemahasiswaan serta pengenalan kegiatan ditingkat jurusan dan program studi.
Menurut Ketua Panitia PKKMB dan Bela Negara Nugroho Setyo Wibowo, ST, MT, untuk program Bela Negara sendiri, peserta dibagi menjadi 2 golongan : golongan A terdiri atas Jurusan Teknologi Informasi, Kesehatan, Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata serta Teknik, sedangkan golongan B terdiri atas Jurusan Produksi Pertanian, Teknologi Pertanian, Peternakan serta Manajemen Agribisnis.
“Lanjutan PKKMB dan Bela Negara dilaksanakans selama 4 hari mulai 4-7 September 2017, dengan pembagian kegiatan, 2 hari materi wawasan kebangsaan dan bela negara di Secaba dan 2 hari materi tentang HMJ dan UKM yang dilaksanakan di GOR Perjuangan 45 kampus Polije”, tandasnya.
Golongan A, 2 hari awal mengikuti program Bela Negara di Secaba Rindam V Brawijaya, kemudian dilanjutkan di GOR Perjuangan 45 Polije. Demikian halnya untuk golongan A dilaksanakan sebaliknya.
Menurut Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Muh. Munih Dian Widianta, S.Kom, MT, untuk memberikan bekal kepada maba sebagai calon penerus bangsa, selama 2 hari siberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara, pendidikan baris-berbaris dan tata upacara serta menanamkan kedisiplinan.
“Situasi kondosi sosial politik di negara kita akhir-akhir ini, membutuhkan pemahaman dan bekal yang cukup bagi maba sebagai persiapan mental sebagai calon penerus bangsa yang semakin kompetitif”, ujarnya.
Model serta program orientasi dan pengenalan bagi mahasiswa baru di Polije sejak awal berdiri sampai sekarang, secara konsisten dan berkesinambungan mempertahankan model kolaborasi antara pengenalan kegiatan akademik di kampus dan penyiapan mental dan kedisiplinan, bekerjasama dengan Secaba, untuk membentuk karakter mahasiswa yang unggul, berdaya juang tinggi dan menghasilkan lulusan yang kompeten.
“Polije sejak awal berdiri konsisten dan berkelanjutan menerapkan orientasi bagi mahasiswa baru baik dari aspek pengenalan akademik dan penyiapan kedisiplinan yang tinggi”, tandas Muh. Munih dengan berapi-api.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Mon
Aug
21
2017
Berikut adalah jadwal pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidu...
Thu
Aug
17
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Fri
Jul
28
2017
Fri
Jul
21
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...