HAMPARAN KEBUN HORTIKULTURA DI KAMPUS POLIJE

Pada Ajang Gelar Inovasi Teknologi Perbenihan
Mulai Rabu hari ini dan Kamis (28/9) esok, di lahan praktikum Politeknik Negeri Jember (Polije) diadakan Gelar Inovasi Teknologi Perbenihan dan Display Varitas Tanaman Pangan dan Hortikultura yang diadakan bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (PSBTPH) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.
Dari pantauan lokasi Gelar Inovasi kemarin, tampak banyak masyarakat yang melihat dari dekat dan melakukan swafoto dengan latar belakang hamparan tanaman hortikultura yang indah dan subur. Mulai aneka tanaman labu bergantungan, aneka tomat beraneka varitas, terong, melon dan sayur-sayuran yang semakin indah disela-selanya ditanami aneka bunga yang warnanya dominan kuning yang indah dipandang mata. “Saya baru menemui aneka tanaman buah dan sayur yang ditata sedemikian rupa, buah besar dan ranum, menjadi pemandangan yang sangat indah”, ujanr Fatma salah satu pengunjung.
Menurut Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, Gelar Inovasi ini merupakan kerjasama dengan UPT PSBTPH, yang juga melibatkan mahasiswa prodi Teknik Produksi Benih (TPB) sebagai wahana belajar berbudidaya dengan memanfaatkan aneka jenis tanaman pangan dan hortikultura yang berasal dari beragam varitas. “Kerjasama ini bermanfaat strategis untuk menyukseskan program pemerintah dalam mewujudkan nawacita bidang pangan”, tuturnya.
Menurut dia, untuk mewujudkan swasembada pangan, harus didukung dengan swasembada dan kemandirian dalam sektor benih. Gebyar benih ini mempunyai peran yang sangat strategis dalam mendukung terciptanya benih yang berkwalitas khususnya dalam bidang tanaman pangan dan hortikultura.
Dalam Gelar Inovasi Teknologi Perbenihan (gebyar benih) ini memanfaatkan lahan praktikum Polije seluas 2 hektar yang ditanami 20 jenis tanaman pangan dan hortikultura dengan 174 varitas.
Menurut petugas lapang UPT PSBTPH Gufron, banyak mahasiswa dan masyarakat yang berkunjung, melihat dari dekat dan bertanya macam varitas yang ditanam di area gebyar beih ini. “Mereka pada kagum melihat aneka tanaman hortikultura yang belum pernah dilihat sebelumnya, dan pada umumnya tertarik untuk swafoto”, tandasnya.
Menurut Kepala UPT PSBTPH Ir. Satoto Berbudi, M.Si, Gebyar benih ini dipersembahkan untuk masyarakat, baik utntuk petani atau kelompok tani, produsen benih, pemerintah kabupaten/kota, mahasiswa dan siswa khusus SMK Pertanian untuk belajar, silaturrahmi dan pesta akan potensi perbenihan di Indonesia. “Kalo petani mau belajar dan memanfaatkan benih unggul dan tersertifikasi, semoga menghasilkan panen yang meningkat dan pada akhirnya mendukung swasembada pangan”, ujarnya.
Masyarakat silahkan datang pada hari dan esok, untuk melihat dan belajar akan potensi tanaman pangan dan hortikultura yang menjadi sumber pangan masyarakat Indonesia.

Keterangan foto :
Kebun Hortikultura : Salah satu Sudut Hamparan Kebun Hortikultura pada Gelar Inovasi Teknologi Perbenihan di Lahan Praktikum Polije.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember