PT DARI MALAYSIA JAJAKI KERJASAMA DENGAN POLIJE

Program Double Degree Magister Fast Track
Politeknik Negeri Jember (Polije) Jumat (6/10) kemarin menerima kunjungan Prof. Dr. Eddy Yusuf, Dean School of Graduate Studies Management and Science University (MSU) Malaysia, yang bertujuan utama untuk menjajaki kerjasama dalam program Student Exchange dan Double Degree.
Menurut Professor yang asli kelahiran Palembang Sumatera Selatan tersebut, ketertarikan mengajak kerjasama dengan Polije tersebut didasari data dan informasi akan prestasi Polije yang termasuk klaster satu PT jenis Politeknik di Indonesia serta intensifikasi dalam menjalin kerjasama internasional dengan beberapa perguruan tinggi di Asia khususnya dalam mewujudkan Visinya. “Kami memperoleh data dan informasi tentang prestasi Polije yang termasuk klaster satu PT Politeknik dan intensifikasi kerjasama luar negerinya”, tandasnya.
Menurut dia yang juga Director International Centre for Halal Studies, MSU menawarkan program studi lanjut yang dinamakan double degree Magister Fast Track, dengan konsep yang dinamakan 311. Program ini diperuntuk bagi lulusan jenjang Diploma III Polije yang akan akan studi lanjut di MSU untuk menyelesaikan program Sarjana (Bachelor) dengan menempuh waktu satu tahun serta langsung melanjutkan program Magister juga selama satu tahun. “Program double degree Magister fast track dilaksanakan dengan sistem 311”, ujarnya.
Menurut Kepala Badan Kerjasama Dr. Ir. Nantil Bambang Eko S, M.Si dalam pertemuan tersebut, Polije sangat mengapresiasi kehadiran dan ajakan kerjasama dari pihak MSU ini, karena hal ini selaras dengan program pencapaian Visi Polije menjadi Politeknik terkemuka tingkat Asia pada tahun 2025. “Program kerjasama dengan MSU menambah sederet kemitraan dengan PT manca negara setelah Thailand, Korea, Vietnam dan Tiongkok”, tandasnya.
Menurut dia, MSU yang merupakan PT terkemuka di Malaysia yang fokus pada teknologi terapan, sangat tepat menawarkan program ini dengan Polije sebagai kampus PT vokasi unggulan. “Kami sangat respek dan akan segera menindak lanjuti dengan penandatanganan nota kesepahaman, yang sesuai dengan permintaan dan undangan MSU penandatanganannya akan dilakukan di Malaysia”, tutur Nantil BES.
Dari hasil kesepakatan, program double degree magister fast track ini diprioritaskan untuk Jurusan Kesehatan, Teknologi Informasi dan Bahasa, yang mana bidang studi tersebut juga ada di MSU Malaysia.
“Paling akhir pada Desember 2017 nanti Polije akan menandatangani nota kesepahaman (MoU) tersebut dan sekalian menyiapkan rancangan aksinya untuk segera mewujudkan program tersebut”, imbuh Nantil BES.
Pihak MSU Malaysia juga siap menawarkan program pertukaran mahasiswa dengan sistem transfer kredit maupun pertukaran Profesor atau Dosen. Program double degree juga akan diterapkan bagi jenjang Diploma IV (sarjana) dengan tetap menggunakan skema 311, yang mana setelah menempuh semester 6, penyelesaian sarjananya dilaksanakan di MSU Malaysia sampai selesai Magister dengan waktu tempuh masing-masing selama satu tahun juga.

Keterangan foto :
Double Degree Fast Track : Prof. Dr. Eddy Yusuf Dean School of Graduate Studies Management and Science University (MSU) Malaysia (Batik Lengan Panjang) dan Kepala Badan Kerjasama Dr. Ir. Nantil Bambang Eko S, M.Si didampingi pimpinan terkait di Kampus Polije

 

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Mon
Aug
21
2017
Berikut adalah jadwal pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidu...
Thu
Aug
17
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Fri
Jul
28
2017
Fri
Jul
21
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...