POLIJE AKAN GELAR AITEC 2017 TINGKAT NASIONAL

Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian
Politeknik Negeri Jember (Polije) pada akhir bulan November 2017 akan menyelenggarakan AITEC 2017 (Agricultural Innovation Technology Competition) yang akan diikuti PTN/PTS dari seluruh Indonesia.
AITEC 2017 dengan tema : Inovasi Teknologi Otomasi Menuju Efisiensi, Produktivitas, dan Kualitas Pertanian Yang Ramah Lingkungan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional, akan dilaksanakan dalam 2 (dua) kategori, yaitu : Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian dan Kontes Vokasi Bidang Pertanian.
Demikian dituturkan oleh Wakil Direktur bidang kemahasiswaan Muh. Munih Dian Widianto, S.Kom, MT didepan awak media. “Aitec 2017 merupakan kompetisi yang baru pertama kali diselenggarakan dengan dua kategori yakni Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian dan Kontes Vokasi Bidang Pertanian”, tuturnya.
Menurut dia, Bakorma (Badan Koordinasi Mahasiswa) yang merupakan forum wakil atau Pembantu Direktur bidang Kemahasiswaan seluruh Politeknik di Indonesia, menggagas suatu kompetisi yang mengkolaborasikan bidang pertanian dan teknologi informasi.
Menurut Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian diharapkan dapat mendorong pengembangan inovasi teknologi mutahir di bidang Pertanian dan Sistem Pangan yang dapat menghubungkan berbagai sektor dan berbagai disiplin ilmu dalam upaya untuk mengatasi tantangan bidang pertanian dan pangan.
Kompetisi diarahkan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas pertanian yang mengedepankan sisi sosial dan budaya pertanian di Indonesia yang berwawasan lingkungan.
“Tujuan kompetisi ini untuk mendorong mahasiswa berkreasi mengembangkan teknologi otomasi yang inovatif guna mengatasi berbagai tantangan di bidang pertanian yang meliputi sektor pertanian tanaman pangan dan hortikultura, peternakan, perikanan, dan kehutanan”, tandasnya. Bentuk luarannya bisa berupa : Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software) Bidang Pertanian, baik dalam bentuk alat jadi, purwarupa (prototype), model/desain, dan sistem.
Adapun kriteria penilaianya meliputi : Inovasi (kebaruan, kreativitas), Otomasi (otomatisasi, teknologi), Optimasi (efisiensi, efektivitas, ergonomik), Aplikatif (kemudahan penerapan), Kemanfaatan, Originalitas (berpotensi patent), Environment friendly dan Sustainability serta Aspek sosial (kearifan lokal).
Sedangkan cabang kategori Kontes Vokasi bidang Pertanian meliputi : Handling Ternak, Sortasi dan Penentuan Mutu Biji Kopi, Pengolahan Hasil Perikanan, Gambar Teknik Komponen Alat dan Mesin Pertanian dengan Autocad serta Penyuluhan Pertanian.
Kontes Vokasi ini diarahkan untuk dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, kualitas pertanian dengan tetap mengedepankan sisi sosial dan budaya pertanian di Indonesia. “Kompetisi ini terbuka untuk mahasiswa aktif dari disiplin ilmu-ilmu Pertanian, baik dalam bentuk perorangan atau tim”, imbuh Muh. Munih.
Pendaftaran untuk kategori Kompetisi Inovasi ditutup pada 5 Nopember dengan mengirimkan proposal dan videonya karena harus melalui seleksi oleh tim Juri, sedangkan Kontes Vokasi pendaftaran ditutup pada 18 Nopember. Informasi lebih lanjut bisa diakses melalui laman http://aitec2017.polije.ac.id.

Keterangan foto :
AITEC 2017 : Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Muh. Munih Dian W, S.Kom, MT Memotivasi Mahasiswa Polije ikut Berkompetisi pada Ajang AITEC 2017.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Mon
Aug
21
2017
Berikut adalah jadwal pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidu...
Thu
Aug
17
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Fri
Jul
28
2017
Fri
Jul
21
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...