SEMINARKAN 158 JUDUL HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN

Dalam Seminar Nasional Hasil di Polije
Bagian integral dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Dengan program penelitian dan pengabdian ini diharapkan bermanfaat dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, baik untuk meningkatkan kwalitas dan kapasitas produksi dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Sebagai bagian tahapan pelaksanaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para Dosen dan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) baik yang dibiayai dari dana Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti, Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Politeknik Negeri Jember (Polije), mulai Selasa (7/11) kemarin sampai Kamis esok, bertempat di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja dilaksanakan Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian.
Menurut Dr. Ir. Budi Hariono, M.Si Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), ada 158 judul penelitian dan pengabdian yang akan diseminarkan, pada hari pertama dikhususkan yang mendapatkan hibah pendanaan dari DRPM, sedangkan hari kedua dan ketiga penelitidan dan pengabdian yang dibiayai dari BOPTN dan PNBP.
“Yang mendapatkan hibah DRPM terdiri 24 judul penenilitian dan 10 judul program pengabdian”, tandasnya. Program penelitian terdiri dari  9 judul penelitian Dosen Pemula, 1 judul Desertasi Doktor, 1 judul Penelitian Dasar dan 13 judul Penelitian Terapan. Sedangkan program pengabdian terdiri dari 1 judul program Ipteks bagi Pengembangan Ekspor (IbPE), 1 judul Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK), 1 judul Ipteks bagi Desa Mitra (IbDM) dan 7 judul Ipteks bagi Masyarakat (IbM).
Polije sebagai perguruan tinggi vokasi unggulan secara berkelanjutan mendorong para Dosen dan PLP sebagai unsur pelaksana pendidikan untuk meningkatkan kwalitas dan kwantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab terhadap eksistensi ilmu dan teknologi serta implementasinya kepada masyarakat.
Demikian disampaikan oleh Wakil Direktur bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si saat memberikan sambutan pembukaan Seminar Nasional mewakili Direktur Polije. “Setiap Dosen dan PLP harus selalu meningkatkan kwalitas keilmuannya salah satunya melalui program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”, tandasnya.
Menurut dia, peningkatan kwalitas dan kwantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat berdampak mempertajam wawasan dan proses pembelajaran di kelas yang pada akhirnya akan berdampak terhadap peningkatan pemahaman dan pengetahuan mahasiswa. Transfer pengetahuan dan ketrampilan secara optimal dalam perguruan tinggi vokasi sangat penting sekali untuk mencapai standar kompetensi lulusan.
“Intensitas program penelitian dan pengabdian sangat berdampak pada peningkatan akreditasi bagi program studi maupun institusi”, ujar Abi Bakri. Dengan mengikuti seminar nasional ini akan semakin luas pergaulan dengan sesama peneliti, dan akan menginspirasi pautan ide dan kerjasama dalam meningkatkan intensitas penelitian dan pengabdian lanjutan maupun untuk tema yang lainnya.

Keterangan foto :
Semnas Hasil : Wakil Direktur bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si didampingi oleh Kepala P3M Dr. Ir. Budi Hariono, M.Si dan Prof. Indarto, S.TP, DEA (narasumber) pada Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja Polije.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Mon
Aug
21
2017
Berikut adalah jadwal pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidu...
Thu
Aug
17
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...
Fri
Jul
28
2017
Fri
Jul
21
2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan sebagai ber...