POLIJE BENTUK PUSAT INFORMASI DAN PELAYANAN TERPADU

Layanan Unggulan Program Reformasi Brokrasi
Untuk meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat, Politeknik Negeri Jember (Polije) telah membentuk Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu (PINTU) yang berada di Lobi Gedung Pusat Administrasi atau Gedung Direktorat. Pintu merupakan program unggulan atau Quick Win dari Penerapan Reformasi Birokrasi di Polije.
Demikian dituturkan oleh Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM pada Kamis (28/12) lalu ketika melakukan supervisi persiapan akhir sebelum di resmikan. “Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu merupakan layanan unggulan dari program Reformasi Birokrasi di Polije”, tandasnya. Menurut dia, melalui PINTU, Polije berkomitmen meningkat kwalitas pelayanan secara terpadu melalui satu pintu. Pengguna layanan bisa datang melalui Unit PINTU atau melalui aplikasi http://layanan terpadu.polije.ac.id.
Polije juga sudah menyusun program kerja yang terdistribusikan ke dalam 8 area perubahan, yang meliputi Manajemen Perubahan, Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur, Penataan Penguatan Organisasi, Penataan Peraturan Perundang-undangan, Penataan Tatalaksana, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Peningkatan Kualitas Layanan Publik.
Menurut Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Saiful Anwar, S.TP, MP, tahap demi setahap semua pelayanan bagi pemangku kepentingan atau masyarakat dari luar dan dalam kampus akan dilayani secara terpadu melalui PINTU. PINTU akan berfungsi sebagai front office, sedangkan pemrosesan tetap akan dilakukan oleh oleh Unit Kerja terkait. “Dengan layanan melalui PINTU, diharapkan masyarakat pengguna puas karena layanannya terpadu melalui satu pintu,  lebih cepat dan lebih mudah”, paparnya.
Jenis layanan yang sementara ini melalui PINTU adalah Pusat Informasi Produk Unggulan, layanan Legalisir Ijasah dan Transkrip, layanan Peminjaman Gedung, layanan Keluhan atau Pengaduan Masyarakat, layanan Data dan Informasi, layanan Media dan Publikasi, layanan Kunjungan dan Wisata Edukasi, layanan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru, layanan bidang Kepegawaian seperti pengajuan Karis/Karsu, Pensiun dini dan lain sebagainya.
Layanan PINTU didukung dengan SDM yang ramah dan peduli, ruang layanan dan ruang tunggu yang representatif serta aplikasi yang akan memudahkan pengguna yang memanfaatkan layanan dari daerah atau dari rumah masing-masing.
“Dengan PINTU Pengguna layanan bisa mengakses dan memanfaatkan layanan dengan mudah dari rumah atau daerah asal masing-masing”, tandas Saiful Anwar.
Komitmen  implementasi reformasi birokrasi di Polije menjadi bagian penting penataan manajemen yang bersih dan melayani. Penerapan program dari masing-masing 8 area perubahan secara terpadu, akan menghasilkan kinerja unggul dalam tahapannya mewujudkan meraih Visi Polije, menjadi Politeknik Terkemuka tingkat Asia pada tahun 2025.
Implementasi Reformasi Birokrasi menjadi keniscayaan, selaras dengan perkembangan dan prestasi Polije dengan capaian antara lain peringkat 6 dari 188 Politeknik se Indonesia atau termasuk Klaster 1 Politeknik, memperoleh hibah Revitalisasi, sebagai Pusat Unggulan Teknologi (PUT), menjadi pendamping program revitaslisasi SMK di Jawa Timur dan Jawa Barat, ekpansi Kampus Bondowoso dan Kelas Internasional.

Keterangan foto :
Layanan PINTU : Suasana Uji Coba Layanan melalui Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu (PINTU) Polije

Pengumuman Politeknik Negeri Jember