PENDAFTARAN JALUR PMDK-PA POLIJE SIAP DIMULAI

Penerimaan Maba Tanpa Tes
Perjuangan siswa kelas XII SMA/SMK/MA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sudah dimulai. Demikian halnya pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (maba) Politeknik Negeri Jember (Polije) untuk jalur PMDK-PA (Penelusuran Minat dan Kemampuan Prestasi Akademik) yang merupakan jalur penerimaan maba yang sudah ditunggu-tunggu, akan segera dibuka pada Senin (8/1) Minggu depan.
PMDK-PA merupakan jalur yang pertama diselenggarakan pada tahun akademik 2018/2019, yang pelaksanaan seleksinya berdasar nilai Raport selama 5 semester mulai kelas X sampai dengan kelas XII semester ganjil. PMDK-PA terbuka khususnya bagi siswa SMA/SMK dan MA semua jurusan yang akan lulus pada tahun 2018.
Demikian dipaparkan Wakil Direktur bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si dalam awal wawancara seputar jalur penerimaan maba yang diselenggarakan Polije. “PMDK-PA merupakan seleksi jalur pertama yang kami selenggarakan pada tahun ini”, tandasnya.
Syarat utama bagi yang berminat PMDK-PA harus mempunyai nilai rata-rata raport minimal 7,5 setiap semesternya. Dan lebih diutamakan manakala juga mempunyai prestasi akademik dan non akademik yang relevan, seperti menjuarai olimpiade mata pelajaran baik tingkat regional maupun nasional, cerdas cermat, karya tulis ilmiah dan lain sebagainya termasuk prestasi bidang olahraga.
“Kami akan memprioritaskan siswa yang mempunyai prestasi akademik dan non akademik baik tingkat nasional maupun regional, seperti LKTI, olimpiade mata pelajaran termasuk didalamnya prestasi dalam cabang olahraga”, tandas Abi Bakri. Menurut dia, seleksi PMDK-PA juga memberi kesempatan siswa yang mempunyai prestasi bidang keagamaan, seperti prestasi dalam berbagai cabang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).
Polije pada tahun akademik ini akan menerima sebanyak 2350 mahasiswa baru dan 20 persen diantaranya akan dipenuhi melalui jalur PMDK-PA. Pendaftaran jalur PMDK-PA dilakukan secara online melalui laman https://pmb-online.polije.ac.id.
Prosedur pendaftaran sangat sederhana, silahkan melakukan pembayaran biaya pendaftaran, proses registrasi, mendapatkan PIN, lanjutkan proses pendaftaran dan simpan final, untuk selanjutnya bisa mencetak bukti pendaftaran.
Direktur Polije Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM menuturkan bahwa Polije memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada generasi muda yang akan memasuki dunia industri, untuk menempuh pendidikan di Polije. “Dunia industri membutuhkan tenaga kerja yang terdidik dan berkompeten. Polije sebagai PTN vokasi dengan kurikulum yang 60 persen praktikum serta diberikannya muatan pendidikan karakter dan soft skill akan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing”, tutur Nanang Dwi Wahyono.
Menurutnya Polije segera menerapkan kurikulum berbasis produk serta membekali lulusannya bukan hanya ijasah, akan tetapi juga Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI) yang meliputi sertifikasi kompetensi dari LSP-P1 Polije, sertifikasi TOEIC dan lain sebagainya. “Penerapan kurikulum berbasis produk dan SKPI untuk meningkatkan daya saing lulusan Polije di dunia kerja”, tandasnya.
Pendaftar PMDK-PA diberikan kesempatan untuk memilih 2 pilihan program studi dari 21 program studi yang ada di Polije. “Jalur PMDK-PA merupakan kesempatan emas yang dapat dimanfaatkan, karena merupakan jalur yang pertama sebelum PTN lain membuka pendaftaran”, papar Mahsus Nurmanto Humas Polije. Menurut dia pengumuman kelulusan PMDK-PA akan dilakukan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional (UN). “Bagi yang lolos PMDK-PA, tinggal fokus menghadapi UN saja”, imbuhnya.

Keterangan foto :
Jalur Perdana : Wakil Direktur Bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.SI ketika Memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Jalur PMDK-PA 2018 Polije.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Tue
Aug
21
2018
Berikut adalah jadwal kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus b...
Tue
Aug
07
2018
Adapun alur pendaftaran dan buku petunjuk dapat di unduh pad...
Fri
Aug
03
2018
Jadwal Acara Pengarahan Pengenalan Kegiatan Kehidupan Kampus...
Wed
Aug
01
2018
Berikut adalah Jadwal dan Tata Tertib Tes Kemampuan Bahasa I...