POLIJE BUKA KELAS INTERNASIONAL DENGAN CHINA DAN MALAYSIA

Seleksi Maba melaui Jalur PMDK-PA
Sebagai tahapan mewujudkan Visi Politeknik Negeri Jember (Polije) sebagai Politeknik terkemuka tingkat Asia pada tahun 2025, sudah memasuki tahun kedua ini penyelenggaraan Kelas Internasional melalui Program Dual Degree bekerjasa sama dengan Changzou Institute of Mechatronic Technology (CIMT) China dan Management and Science University (MSU) Malaysia.
Menurut Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, pencapaian pemeringkatan oleh Kemenristekdikti sebagai Klaster satu Politeknik, program hibah Revitalisasi, hibah PEDP, Pusat Unggulan Teknologi serta program student exchange dengan beberapa perguruan tinggi mitra dari China, Korea dan Thailand menjadi modal utama untuk Go Internasional mewujudkan Visi Polije. “Polije konsisten dan bertahap berusaha mewujudkan Visi Polije, dengan peningkatan kerjasama internasional dengan membuka kelas internasional”, tandasnya.
Menurut Wakil Direktur Bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si, seleksi penerimaan calon mahasiswa baru kelas internasional tersebut diawali melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Prestasi Akademik (PMDK-PA) yang pendaftarannya sudah dimulai pada Minggu lalu dan akan ditutup pada awal Maret 2018. “Siswa yang berminat mengikuti kelas internasional dengan program Dual Degree dapat mengikuti jalur PMDK-PA”, paparnya.
Pendaftaran kelas internasional bekerjasama dengan CIMT China melalui program studi Manajemen Informatika (MIF) Jurusan Teknologi Informasi. Penyelenggaraan pembelajaran di Polije untuk program ini merupakan kelas khusus, sedangkan pelaksanaan kuliah dan praktikumnya ditempuh selama satu tahun dengan pola trimester. Selanjutnya tugas atau beban akademik lainnya dilanjutkan sambil mengikuti proses perkuliahan di China secara online.
Memasuki tahun kedua program kelas internasional ini dilanjutkan di kampus CIMT China selama lima semester, dengan rincian semester pertama belajar intensif bahasa dan empat semester berikutnya intensif menempuh perkuliahan pada bidang Computer Network. “Setelah lulus program ini, peserta kelas internasional akan mendapatkan dua ijasah, yaitu dari Polije sebagai Ahli Madya Bidang Manajemen Informatika dan ijasah dari CIMT China pada bidang Computer Network”, tandas Abi Bakri.
Menurut dia, kelas internasional yang kedua bekerjasama dengan MSU Malaysia pada program Dual Degree dan Magister Fast Track. Penyelenggaraan program dual degree dengan MSU Malaysia dilaksanakan dengan 3 tahun perkuliahan di Polije, dilanjutkan di MSU Malaysia selama 1 tahun untuk menyelesaian Bakeloriat (Sarjana) nya, serta selama 1 tahun juga untuk menuntaskan program magister. Sedangkan bidang keilmuan yang siap dilaksanakan adalah Teknologi Informasi (Manajemen Informatika, Teknik Komputer dan Teknik Informatika) serta Manajemen Agribisnis.
“Program dual degree dengan MSU Malaysia untuk menempuj jenjang Magister Fast Track dilaksanakan dengan metode 3+1+1, yaitu 3 tahun kuliah di Polije, dilanjutkan 2 tahun di MSU Malaysia masing-masing 1 tahun untuk menempuh jenjang kesarjanaan dan magisternya”, papar Abi Bakri.
Jalur PMDK-PA menjadi jalur yang strategis menjadi jembatan para siswa kelas XII SMA/SMK/MA untuk mewujudkan cita-citanya untuk memperebutkan tempat di dunia industrasi yang semakin kompetitif.

Keterangan foto :
Kelas Internasional : Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM dan President MSU Malaysia Prof Tan Sri Dato Wira DR Mohd Shukri Ab Yajid Usai Menandatangani MoU Program Dual Degree.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

Tue
Aug
21
2018
Berikut adalah jadwal kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus b...
Tue
Aug
07
2018
Adapun alur pendaftaran dan buku petunjuk dapat di unduh pad...
Fri
Aug
03
2018
Jadwal Acara Pengarahan Pengenalan Kegiatan Kehidupan Kampus...
Wed
Aug
01
2018
Berikut adalah Jadwal dan Tata Tertib Tes Kemampuan Bahasa I...