PENDAFTARAN PMDK-PN TERSISA 2 MINGGU LAGI

Tes Tahap 2 PMDK-PA dilaksanakan setelah UNBK
Pendaftaran seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Jember (Polije) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) tahun 2018 tersisa 2 minggu lagi. Jalur PMDK-PN adalah seleksi tanpa tes bersama-sama 42 Politeknik Negeri se Indonesia. Pendaftaran jalur PMDK-PN akan ditutup 2 minggu lagi, tepatnya pada Sabtu 14 April 2018.
Sistem evaluasi jalur PMDK-PN menggunakan indikator nilai prestasi hasil belajar (raport) selama 5 semester untuk kategori reguler dan 3 semester untuk kategori akselerasi serta prestasi akademik dan non akademik. Jalur PMDK-PN hanya diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK/MA yang akan lulus tahun 2018.
Demikian dipaparkan Wakil Direktur Bidang Akademik Ir. Abi Bakri, M.Si di depan guru BK se Kabupaten Bondowoso beberapa waktu lalu. “Jalur PMDK-PN merupakan kesempatan penting sebagai salah satu sistem seleksi tanpa tes penerimaan maba di Polije”, terangnya.
Siswa kelas XII, harus fokus memilih jalur seleksi penerimaan maba, karena jalur PMDK-PN bagi mereka yang mempunyai minat dan cita-cita mengisi kebutuhan dunia industri terutama dalam memasuki revolusi industri 4.0. Era persaingan yang semakin kompetitif memerlukan SDM yang berkompeten dan mempunyai etos kerja tinggi.
“Sistem pembelajaran di PT vokasi termasuk didalamnya Polije, lebih menitikberatkan pada aspek skill, sehingga proporsi pelaksanaan praktikum lebih dominan atau 60 persen”, tandas Abi Bakri. Menurut dia, perkembangan industri yang semakin pesat sangat membutuhkan SDM lulusan Politeknik.
Bagi yang berminat masih terbuka untuk mendaftar dan bersaing melalui jalur PMDK-PN. Sesuai prosedur silahkan menghubungi pihak sekolah biasanya melalui guru Bimbingan dan Konseling (BK) untuk didaftarkan lebih dahulu melalui laman http://pmdk.politeknik.or.id. Selanjutnya sistem akan mengirimkan username dan password, yang selanjutnya dibagikan kepada siswa dan digunakan untuk login pendaftaran sampai bisa mencetak bukti pendaftaran. “Khusus apabila pilihan pertama ke Polije, pendaftar tidak perlu kirim berkas fisik”, papar Mahsus Nurmanto Humas Polije.
Menurut Abi Bakri, melalui jalur PMDK-PN ini pula Polije akan menerima maba untuk kampus Bondowoso dan kelas internasional. “Untuk maba Polije kampus Bondowoso, kami akan menerima untuk prodi Teknologi Industri Pangan, Manajemen Agribisnis dan Teknik Informatika. Sedangkan untuk kelas internasional, Polije menerima maba untuk prodi Manajemen Agroindustri dan Teknik Informatika”, papar Abi selanjutnya.
Sedangkan bagi pendaftar yang sudah memacu kompetisi pada jalur sebelumnya, yaitu PMDK Prestasi Akademik dan sudah lolos tahap pertama, silahkan mengikuti jadwal pemeriksaan kesehatan dan verifikasi berkas yang akan dilaksanakan setelah pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Jadwal seleksi tahap 2 jalur PMDK-PA semula dilaksanakan pada minggu keempat Maret, mengingat semua siswa kelas XII sedang mengikuti ujian USBN, maka jadwal ditunda setelah UNBK, biar siswanya fokus”, papar Mahsus Nurmanto.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

28 March 2018
Berikut adalah panduan penggunaan Sistem Informasi...
16 March 2018
Berikut adalah Hasil Seleksi Administratif / Desk ...
Sat
Feb
24
2018
Wed
Feb
21
2018
Mon
Feb
19
2018
Pendaftaran penerimaan Mahasiswa Baru Program Lintas Jenjang...
Fri
Feb
02
2018
Contoh SKP PPNPN Dosen, PLP, dan Administrasi Politeknik Neg...