POLIJE SELENGGARAKAN PELATIHAN AHLI K3 UMUM

Disertifikasi oleh Kemeneterian Tenaga Kerja
Minggu depan Politeknik Negeri Jember (Polije) akan menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Pelatihan Ahli K3 Umum angkatan pertama ini akan diikuti oleh 30 Dosen perwakilan Jurusan dilingkungan Polije. Sebagai mitra pelatihan K3 ini, Polije menggandeng PT. Environesia Global Saraya Saraya Yogyakarta (Environesia).
Kerjasama penyelenggaraan pelatihan K3 ini, Selasa (10/4) kemarin bertempat di ruang sidang pimpinan telah dimulai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM dengan Sudirman Academy Manager Environesia
“Pelatihan Ahli K3 Umum merupakan langkah penting menyongsong perkembangan revolusi industri era 4.0”, tandas Nanang Dwi Wahyono. Menurut dia, Polije sebagai perguruan tinggi vokasi unggulan menjadikan pelatihan Ahli K3 umum ini sangat strategis, agar bisa didesiminasikan kepada mahasiswa melalui proses pembelajaran, sehingga lulusannya kelak juga mempunyai tingkat kompetensi akan K3.
Pelatihan Ahli K3 Umum akan terus dilanjutkan dengan peserta para Kepala Unit Kerja yang melakukan proses produksi, untuk menjamin proses produksinya aman memenuhi kaidah SOP dan keselamatan kerja para pekerjanya. “Saya berharap untuk pelatihan Ahli K3 Umum angkatan kedua diprioritaskan kepada para Kepala Unit Produksi”, pinta Nanang Dwi Wahyono.
Menurut Sudirman, pelatihan Ahli K3 Umum ini akan dilaksanakan selama 10 hari dengan 120 jam pelatihan dan untuk angkatan pertama akan dimulai pada Senin (16/4) minggu depan. “Bagi peserta agar lulus dan mendapatkan sertifikasi Ahli K3 Umum, harus mengikuti secara penuh dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan”, tandas Sudirman. Bagi peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikasi Ahli K3 Umum yang diterbitkan oleh Kementerian Tenaga Kerja.
Dan masih menurut dia, pihak Environesia berkomitmen dengan pengalaman meluluskan 700 peserta Ahli K3 Umum dari berbagai perusahaan dan instansi, akan intensif melakukan pelatihan dengan Polije serta peluang bekerjasama dalam penyelenggaraan untuk kawasan di Jember dan sekitarnya.
Menurut Wakil Direktur bidang Umum dan Keuangan Saiful Anwar, S.TP, MP, Polije yang mempunyai beberapa Pusat Unggulan Produk dan Laboratorium, berkomitmen dengan kompetensi Ahli K3 Umum ini untuk mencapai optimalisasi proses produksi dan pelaksanaan praktikum. “Polije berkomitmen menyiapkan skill dan sarana prasarana sesuai kebutuhan K3 tersebut”, paparnya.
K3 sangat penting sekali karena bertujuan untuk melindungi pekerja, keluarga pekerja, konsumen, dan orang lain yang juga terpengaruh dengan kondisi lingkungan kerja. Semua organisasi memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa pekerja dan orang lain yang terlibat tetap berada dalam kondisi aman sepanjang waktu. Praktik K3 meliputi pencegahan, pemberian sanksi, dan kompensasi, juga penyembuhan luka dan perawatan untuk pekerja dan menyediakan perawatan kesehatan dan cuti sakit.

Keterangan foto :

Ahli K3 Umum : Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono,MM dan Sudirman Academy Manager PT. Environesia Global Saraya ketika Menandatangani Nota Kesepahaman Pelaksanaan Pelaksanaan dan Sertifikasi Ahli K3 Umum

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

13 November 2018
Persyaratan Registrasi (Daftar Ulang) On-Line Calo...
05 November 2018
PESERTA LOLOS SELEKSI ADMINSITRASI CPNS POLIJE 201...
17 September 2018
FORMULIR PERSYARATAN SILAHKAN DIUNDUH DIBAWAH IN...
Mon
Oct
08
2018
Bagi peserta Ujian Sertifikasi Microsoft 2018, sertifikat da...
Thu
Sep
27
2018
TATA TERTIB PELAKSANAAN TEST TOEIP 6-7 OKT 2018 DAN DAFTAR P...
Tue
Sep
25
2018
Bersama dengan ini disampaikan dengan hormat Informasi, Taha...