32 PESERTA IKUTI PELATIHAN AHLI K3 UMUM

Memasuki era revolusi industri 4.0 harus dipersiapkan baik dari aspek infrastruktur fisik, SDM dan sistem serta semua infrstruktur yang mendukung, agar mampu meningkatkan daya saing dan menjadi pemenang untuk mencapai pembangunan nasional dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Menjadi bagian integral dari proses industrialisasi adalah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari setiap unsur yang terlibat dalam proses tersebut. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan SDM yang kompeten khususnya dibidang Ahli K3 Umum. Politeknik Negeri Jember (Polije) salah satu PTN vokasi unggulan yang mendapatkan hibah program revitalisasi, diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, yang mudah menyesuaikan secara cepat dalam dunia industri.
Hal penting yang dilakukan oleh Polije khususnya dalam penerapan kurikulum berbasis produk, telah dikembangkan beberapa unit produktif, disamping sebagai tempat praktikum mahasiswa dan penghasil PNBP telah memiliki beberapa unit industri, seperti UPT Dataran Tinggi dan Kuliner, UPT Makanan dan Minuman dan lain sebagainya.
Berkenaan dengan hal itulah, mulai Senin (16/4) kemarin sampai dengan Sabtu Minggu depan, bertempat di Ruang Sidang Gedung Asih Asah Asuh lantai 2, telah dimulai Pelatihan Ahli K3 Umum dengan provider PT. Environesia Global Saraya Yogyakarta, yang diikuti oleh 32 peserta dari Polije dan 2 peserta dari RS Siloam.
Dalam platihan ini selama 12 hari ini akan ditempuh sebanyak 120 JPL dengan 21 Mapel dan diakhir pelatihan akan diuji kompetensi oleh tim asessor dari Kementerian Tenaga Kerja RI.
Menurut Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, kompetensi dibidang K3 menjadi sangat penting sekali, agar proses perkuliahan dan praktikum serta proses produksi sesuai dengan prosedur standar dan dapat mencapai hasil yang maksimal.
“Polije sangat membutuhkan kompetensi dalam bidang K3 Umum, dan pengetahuan serta ketrampilan yang diperoleh diharapkan dapat didesiminasikan kepada para mahasiswa”, harapnya.  Masih menurut dia, dalam pelatihan angkatan kedua nanti agar diprioritaskan bagi para Kepala Unit produktif yang memiliki mesin-mesin, boiler, kelistrikan, dan konstruksi.
Pelatihan Ahli K3 Umum in
Dalam sambutannya Supiyan Sauri, SH dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur, menyampaikan apresiasi kepada Polije yang menyelenggarakan pelatihan ini. Kompetensi Ahli K3 Umum ini sangat penting, untuk mewujudkan Kesehatan dan keselamatan bagi karyawan dan semua terlibat dalam suatu proses produksi. “Kami mengharap semua peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan lulus uji kompetensi”, tandasnya.
Selanjutnya, Supiyan Sauri juga berharap kepada para peserta pelatihan supaya nantinya dapat menyalurkan ilmu yang telah didapat dari pelatihan ini kepada para mahasiswa supaya mereka tertarik untuk mengikuti pelatihan tersebut serta menyempurnakan kompetensi yang diperoleh dari Polije untuk meningkatkan daya saing ketika memasuki dunia industri.

Keterangan foto :
Kompetensi Ahli K3 Umum : Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM di dampingi Kepala Badan Kerjasama, Perwakilan PT. Environesia dan Disnaker Provinsi Jatim.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

20 May 2018
Pengumuman hasil seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru...
28 March 2018
Berikut adalah panduan penggunaan Sistem Informasi...
Tue
May
08
2018
Hasil seleksi administratif/desk evaluasi Penerimaan Mahasis...
Mon
Apr
30
2018
Hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur PMDK PA dapat ...
Fri
Mar
16
2018
Berikut adalah Hasil Seleksi Administratif / Desk Evaluasi P...
Sat
Feb
24
2018