POLIJE BEKALI SOFTSKILL CALON LULUSAN

Menghadapi Ketatnya Seleksi Dunia Kerja
Mengenali kepribadian serta memaksimalkan potensi diri pada proses perekrutan tenaga kerja menjadi sesuatu yang sangat penting, agar mampu bersaing dan lolos sesuai bidang kerja yang diinginkan.
Menemukenali kepribadian dan potensi diri ini, Senin (23/7) kemarin menjadi fokus utama dalam workshop peningkatan soft skill calon alumni Politeknik Negeri Jember (Polije) yang diselenggaran di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja. Workshop yang diikuti 200 peserta ini diselenggarakan oleh Unit JPC (Job Placement Center) Badan Kerjasama.
Dalam workshop ini, JPC menggandeng Brillian Psikologi Surabaya untuk membedah tuntas materi : Kepribadian, Rekrutmen dan seleksi, 3 proses seleksi, CV (Daftar Riwayat Hidup), Psikotes, Wawancara, Latihan perkenalan diri, Macam-macam pertanyaan, Tips-tips dalam wawancara, Bahasa verbal dan non verbal, Job interview body language dan Leadership Group Discussion
“Melalui Unit JPC, Polije berkomitmen memberikan bekal yang sangat penting agar calon alumni mampu memetakan dan mengenali kepribadian dan potensi diri masing-masing”, papar Aji Seto Koordinator Unit JPC.
Menurut dia, JPC secara berkelanjutan memberikan informasi dan menjadi jembatan antara potensi lulusan dan dunia industri. JPC juga berperan menjadi jembatan antara Polije dengan dunia industri dan selanjutnya bisa melakukan kerjasama yang saling menguntungkan antara Polije yang mengasilkan SDM yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri. “Unit JPC juga selalu memberikan peningkatan skill melalui pelatihan dan konsultasi”, imbuh Ajo Seto.
Direktur Polije dalam sambutannya yang diwakili oleh Muh. Munih Dian Widianta, S,Kom, MT selaku Wadir Bidang Kemahasiswaan, menuturkan bahwa calon alumni harus mempersiapkan diri untuk siap masuk ke dunia pembelajaran yang sebenarnya, yakni terjun ke dunia kerja. “Calon alumni harus segera merencanakan target pengabdian di masyarakat serta menyiapkan teknis dan bekal yang diperlukan agar sukses dalam persiangan memasuki dunia industri”, tuturnya.
Melalui workshop ini, para alumni akan diberikan bekal untuk terjun ke dunia masyarakat untuk mendarmabaktikan ilmu dan ketrampilannya bagi kepentingan masyarakat. Informasi dan umpan balik dari beberapa alumni, khususnya berkaitan dengan kekurangan ketrampilan lulusan Polije harus mendapatkan perhatian, terutama dalam aspek bahasa dan kemampuan komunikasi bahasa  Inggris sebagai bahasa Internasional.
Beliau berharap bahwa setelah para calon alumni diwisuda, maka mereka mendapatkan dua skill, yakni hardskill dan softskill yang unggul sehingga langsung diterima oleh masyarakat dan dunia industri. Selanjutnya Muh. Munih menyampaikan rasa bangga jika para alumni mampu berkontribusi pada pembangunan negara terutama di era revolusi industri 4.0. “Saya menyampaikan pesan Bapak Direktur, jadilah penyelesai masalah bukan penyebab masalah”, tandas Muh. Munih dengan mantap.

Keterangan foto :
Tingkatkan Soft Skill : Tim Trainer dari Brillian Psikologi Surabaya di Workshop Peningkatan Soft Skill Calon Alumni Polije di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

04 December 2018
Program Lintas Jenjang (PLJ) merupakan jalur pen...
04 December 2018
Penelusuran Minat dan Kemampuan Prestasi Akademi...
Mon
Oct
08
2018
Bagi peserta Ujian Sertifikasi Microsoft 2018, sertifikat da...
Thu
Sep
27
2018
TATA TERTIB PELAKSANAAN TEST TOEIP 6-7 OKT 2018 DAN DAFTAR P...
Tue
Sep
25
2018
Bersama dengan ini disampaikan dengan hormat Informasi, Taha...