PRESTASI DAN CAPAIAN 30 TAHUN POLIJE

Politeknik Negeri Jember (Polije) Senin (29/10) kemarin genap berusia 30 tahun. Rangkaian kegiatan memperingati tiga dasawarsa Polije tersebut diawali dengan menyelenggarakan Seminar Internasional tentang Pangan dan Pertanian (International Conference on Food and Agriculture atau IcoFA) pada 20-21 Oktober di Denpasar Bali, Jalan Sehat keluarga besar Polije pada Minggu (28/10), Tasyakuran pada Senin (29/10) kemarin serta Sholawat Al Ghofilin tadi malam bersama sivitas akademika dan masyarakat.
Pada saaat melepas jalan sehat, Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM menandaskan, makna 30 tahun usia Polije merupakan usia yang sangat produktif. “30 tahun usia Polije harus dimanfaatkan untuk selalu mengevaluasi diri serta sinergi untuk meningkatkan karya dan prestasi unggul menghasilkan SDM yang kompeten yang siap berkompetisi di industri tahap ke 4”, tandasnya.
Menurut dia, ibarat umur manusia usia 30 tahun, merupakan usia yang produktif, sedang semangat-semangatnya menciptakan karya dan inovasi, yang bisa dimanfaatkan masyarakat.
Dalam kesempatan sambutan mewakili Direktur pada Tasyakuran, Wadir Bidang Umum dan Keuangan Saiful Anwar, S.TP, MP menyampaikan bahwa saat berdiri nomenklaturnya adalah Politeknik Pertanian Universitas Jember, dengan tiga jurusan dan lima program studi.
Pada 1996 mandiri menjadi PTN sendiri dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Jember. Dalam perkembangannya akhirnya pada 1998 melakukan diversifikasi jurusan dan prodi menjadi Politenik Negeri Jember (Polije). Melalui beberapa periodesasi kepemimpinan  sampai saat ini Polije mempunyai delapan jurusan dan 21 prodi baik jenjang Diploma dan Sarjana Terapan serta 1 prodi pascasarjana.
Capaian Polije lainnya antara lain termasuk klaster 1 Politeknik se Indonesia dan PTN berkinerja terbaik ketiga untuk kategori PTN Satuan Kerja (Satker) yang diserahkan Menteri Ristekdikti di awal tahun 2018. Polije juga sudah mempunyai Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1) yang telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang sudah mempuyai 33 Skema Uji Kompetensi.
Dalam kaitannya mewujudkan visi menjadi Politeknik terkemuka tingkat Asia pada tahun 2025, sampai saat ini secara konsisten melakukan student exchange dengan Jiangsu Agri-animal Husbandary Vocational college China, Kyungpook National University Korea dan Rajamangala University of Tanyaburi Thailand. Sedangkan untuk program Dual Degree telah menjalin kemitraan dengan Changzhaou Institute of  Mechatronic Technology China serta Management and Science University Malaysia (MSU) sekaligus program Magister Fast Track.
“Alhamdulillah berkat kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dari segenap sivitas akademika, karya dan prestasi yang diraih Polije sudah diakui tingkat nasional sebagai salah satu Politeknik unggulan serta tahap demi setahap mampu mewujudkan visi serta menjadi rujukan beberapa Politeknik dan perguruan tinggi melalui layanan kunjungan dan studi banding dalam pengembangan akademik, peningakatan sarana prasarana dan manajemen serta pembinaan kemahasiswaan”, cetus Saiful Anwar.
Polije juga mulai mempersiapkan pengembangan prodi baru kekinian sesuai arahan Presiden Joko Widodo seperti Teknologi Produksi Kopi, Canning (pengalengan), Destinasi Pariwisata serta Ketahanan Pangan, yang langsung berdampak pada pengembangan industrialisasi.
“Apalagi dengan program hibah Revitalisasi, Pusat Unggulan Teknologi serta akan dibangunnya Teaching Factory, disamping akan meningkatkan PNBP juga akan memantabkan pencapian tingkat kompetensi lulusannya”, ujar Saiful Anwar.

Keterangan foto :
Sinergi & Prestasi : Direktur Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, beserta para Wadir dan Pimpinan lainnya Kompak dalam Kegiatan Jalan Sehat 30 Tahun Polije.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

13 November 2018
Persyaratan Registrasi (Daftar Ulang) On-Line Calo...
05 November 2018
PESERTA LOLOS SELEKSI ADMINSITRASI CPNS POLIJE 201...
17 September 2018
FORMULIR PERSYARATAN SILAHKAN DIUNDUH DIBAWAH IN...
Mon
Oct
08
2018
Bagi peserta Ujian Sertifikasi Microsoft 2018, sertifikat da...
Thu
Sep
27
2018
TATA TERTIB PELAKSANAAN TEST TOEIP 6-7 OKT 2018 DAN DAFTAR P...
Tue
Sep
25
2018
Bersama dengan ini disampaikan dengan hormat Informasi, Taha...