DIREKTUR SERAHKAN PAGU ANGGARAN 2019

Direktur Politeknik Negeri Jember (Polije) Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM didampingi Wadir Bidang Umum dan Keuangan dan Wadir Bidang Kemahasiswaan Rabu (7/11) menyerahkan Pagu anggaran 2019 kepada semua pimpinan Unit Kerja dilingkungan Polije.
Pagu Anggaran adalah alokasi anggaran yang ditetapkan untuk pembiayaan anggaran dalam APBN untuk tahun anggaran 2019. Dalam terminilogi pengelolaan APBN, pagu dibagi menjadi tiga termin. Pagu Indikatif ditetapkan pada bulan Maret, pagu anggaran (sementara) ditetapkan bulan Juli, sedangkan yang terakhir adalah alokasi anggaran (pagu definitif) ditetapkan pada bulan November.
Dalam pengarahannya Nanang Dwi Wahyono, menyampaikan bahwa Polije akan menjadi perguruan tinggi yang baik jika diimbangi dengan kinerja yang luar biasa serta perencanaan anggaran yang baik pula. Ketergantungan terhadap artificial intelligence, robot, dll membuat kita perlu mengantisipasi ke depan dan membaca seperti apa dan kemana arah pendidikan kita. “Perlu keselarasan top down dan bott up policy dalam sistem perencanaan terpadu untuk menghasilkan kinerja yang optimal”, paparnya.
Menurut dia, dalam pengertian dari ristek dan dikti telah terbentuk, bernama Cyber Institue of Indonesia. Cyber Institute of Indonesia ini akan menjaga keberlangsungan pendidikan tinggi. Penggunaan internet di era 4.0 menjadi suatu kewajiban jika tidak ingin ketinggalan informasi.
Selanjutnya diharapkan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan, wajib ada Rancangan Anggaran Biaya (RAB) supaya terkontrol dengan baik demi kemajuan Polije dimasa mendatang. “Kita harus bekerja dengan efisien dan berkualitas, untuk meningkatkan kinerja dari unit kerja agar dampak kemanfataannya bagi masyarakat semakin meningkat”, ujar Nanang Dwi Wahyono.
Dalam paparannya Saiful Anwar, S.TP, MP Wadir Bidang Umum dan Keuangan menyampaikan bahwa penyerahan Pagu anggaran untuk optimalisasi dalam menyusun program dan kegiatan secara intensif di setiap unit kerja.
“Penyerahan Pagu anggaran merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari proses peningkatan kwalitas manajemen dengan mengolaborasikan usulan program dan kegiatan dari setiap unit kerja (bottom up) maupun kebijakan pimpinan (top down)”, tuturnya.
Dalam kesempatan penyerahan Pagu anggaran tersebut, dilanjutkan dengan kegiatan monevin atau penggalian masalah terkait pelaksanaan kegiatan dan anggaran sampai dengan triwulan tiga tahun 2018 serta penyusunan rencanan kerja anggaran (RKA) tahun 2019 sampai sore hari. Siraka merupakan sistem informasi yang dibuat untuk memudahkan dalam penyusunan program, kegiatan dan anggaran yang terstruktur dan akuntabel. Siraka juga merupakan bagian dari program Reformasi Birokrasi (RBI) yang telah dituangkan dalam dokumen RBI yang bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja.
“Siraka menjadi bagian penting dalam mengaktualisasikan capaian kinerja, yang alhamdulillah selama tahun 2017 telah menyabet penghargaan Kemenristekdikti sebagai peraih Kinerja terbaik ketiga untuk kategori PTN satuan kerja”, tandas Saiful Anwar.
Menurut dia, dengan Siraka, Polije siap mempertahankan penghargaan tersebut dan bahkan berusaha untuk meningkatkannya. Disamping sistem yang terpadu tersebut, Saiful Anwar juga berharap kerjasama semua unsur terkait untuk meningkatkan prestasi dan karya unggul dan inovatif untuk mencapai tujuan bersama Polije sebagaimana yang dituangkan dalam Visi 2025.

Keterangan foto :
Serahkan Pagi Indikatif : Direktur Polije Dr. Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM didampingi para Wakil Direktur beserta Perwakilan Pimpinan Unit Kerja sesaat setelah Penyerahan Pagu Anggaran 2019.

 

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

04 December 2018
Program Lintas Jenjang (PLJ) merupakan jalur pen...
04 December 2018
Penelusuran Minat dan Kemampuan Prestasi Akademi...
Mon
Oct
08
2018
Bagi peserta Ujian Sertifikasi Microsoft 2018, sertifikat da...
Thu
Sep
27
2018
TATA TERTIB PELAKSANAAN TEST TOEIP 6-7 OKT 2018 DAN DAFTAR P...
Tue
Sep
25
2018
Bersama dengan ini disampaikan dengan hormat Informasi, Taha...