Articles

“Students Exchange” POLIJE dengan VNU-ULIS

Dalam rangka mendukung program Politeknik Negeri Jember menuju World Class University, maka Politeknik Negeri Jember telah dan akan terus menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Bentuk kerjasama yang dilakukan adalah program pertukaran mahasiswa (student exchange program) dengan VNU-ULIS (Vietnam National University – University of Language and International Studies) Vietnam. Kerjasama ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa Politeknik Negeri Jember khususnya Program Studi Bahasa Inggris memperoleh pengalaman belajar di luar negeri. Selain untuk menempuh perkuliahan di luar negeri, program pertukaran mahasiswa ini juga dilakukan sebagai ajang pertukaran budaya dalam rangka memperkaya wawasan dan pengetahuan mahasiswa.

Kerjasama tersebut dilakukan untuk meningkatkan eksistensi Politeknik Negeri Jember untuk meningkatkan kualitas lulusannya. Untuk itu Politeknik Negeri Jember akan terus mengembangkan kerjasama dari berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri.

Pemberangkatan Mahasiswa Polije ke Vietnam

Mahasiswa peserta program student exchange berjumlah 5 (lima) mahasiswa keberangkannya dilepas oleh Pembantu Direktur II, Saiful Anwar, STp, MT. didampingi Direktur pelaksanan LPIU Program Unggulan dan Urusan Luar Negeri, Ir. N. Bambang Eko S., Msi pada hari Minggu 19 Pebruari 2012 dari halaman Kampus Polije, sedangkan upacara dan pengarahan keberangkatan dilakukan pada Jum’at, 17 Februari 2012 oleh Direktur Bapak Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM. Mahasiswa peserta Students Exchange adalah Dian Risky, Khusnul Hotimah, Ifan Febrianto, Kevin Genjar Sandi dan Dhita Apriliyanti, semuanya berasal dari Program Studi Bahasa Inggris Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata.

Kegiatan berlangsung selama satu semester (6 bulan) dengan materi kegiatan kuliah dan praktikum. Program ini adalah yang pertama kalinya dilakukan dengan VNU-ULIS Vietnam.

Pada akhir Mei 2012 nanti Polije juga akan memberangkatkan 13 Mahasiswa dari 3 Prodi (TIP, MBU dan PTH) ke Rajamangala University of Thanyaburi Thailand (RMUTT) selama dua semester dalam rangka program Double Degree. Kerjasama dengan RMUTT ini sudah keempat kalinya dilakukan.

Polije juga menjalin kerjasama program Double Degree dengan Kyungpook National University Korea Selatan yang ditandai dengan memberangkatkan 5 Mahasiswa Program Studi TIP pada bulan Juli 2012 nanti.

Jadwal pemberangkatan mahasiswa student exchange maupun double degree disesuaikan dengan kalender akademik masing-masing Perguruan Tinggi negara tujuan.

Pengumuman Politeknik Negeri Jember