Manajemen Agribisnis

Manajemen Agribisnis

Program ini menawarkan perkuliahan selama 3 tahun (6 semester) di bidang agribisnis dengan kompetensi utama meliputi pengelolaan permodalan, keuangan, pemasaran, sumberdaya manusia, teknologi proses produksi, dan teknologi usaha tani. Calon mahasiswa yang bisa mendaftar program ini adalah lulusan SLTA atau sederajat dari berbagai jurusan khususnya yang memiliki dasar yang memadahi dan berminat di bidang agribisnis. Dalam proses belajar mengajar, mahasiswa mengikuti perkuliahan baik di kelas, laboratorium maupun di lapangan selama 5 semester, termasuk menyelesaikan tugas akhir. Kemudian pada semester 6, mereka mengikuti program magang di perusahaan-perusahaan yang relevan. Setelah menyelesaikan program ini, lulusan akan mampu menguasai keterampilan teknis dan manajerial dalam mengelola kegiatan agribisnis yang mencakup bidang pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan). Dengan memiliki kompetensi tersebut, lulusan memiliki peluang kerja menjadi wirausahawan di bidang agribisnis, atau menjadi karyawan di perusahaan-perusahaan terkait dengan posisi sebagai staf kantor, asisten manajer agribisnis, penyuluh pertanian, asisten lapang, dan supervisor agribisnis.

A. Visi Program Studi
Menjadi pusat pendidikan vokasi dalam bidang agibisnis yang memiliki tolok ukur program studi secara nasional pada tahun 2020.
B. Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan vokasi dalam rangka menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas, jiwa kepemimpinan, profesional, berpikir secara kritis dan analitis, memiliki sifat kewirausahaan dan memahami permasalahan global dalam suasana lingkungan yang kondusif.
  2. Melaksanakan penelitian terapan yang berdaya saing sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan menjalin kerjasama di tingkat nasional.

C. Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang dapat :
    1. Mengerti dan memahami konsep kewirausahaan di bidang agribisnis dengan mempelajari ilmu tentang kewirausahaan agribisnis, analisis usaha agribisnis baik dalam membuat produk maupun budidaya yang kemudian diaplikasikan dalam pembuatan tugas akhir yang berbasis kewirausahaan sehingga akan dapat menjadi calon pengusaha agribisnis yang sukses.
    2. Mengerti dan memahami konsep manajemen agribisnis produksi, manajamen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen usahatani, manajemen penjualan, dan tata niaga pertanian sehingga bisa menjadi calon assisten manajer yang handal di bidang agribisnis.
    3. Memahami teknik budidaya untuk beberapa komoditi hortikultura, peternakan, perikanan, dan perkebunan untuk melaksanakan pekerjaan lapang di bidang agribisnis sehingga akan menjadi tenaga asisten lapang yang ulet dan tangguh.
    4. Menguasai penerapan sistem agribisnis (sistem produksi, sistem pemasaran, pengembangan SDM, sistem akuntansi/keuangan, dan sistem pengendalian kualitas hasil), serta menguasai cara mengidentifikasi, merumuskan, dan meyelesaikan persoalan-persoalan manajemen agribisnis yang memiliki kualifikasi supervisor agribisnis.
    5. Menguasai ketrampilan komunikasi, bekerjasama dengan tim atau kelompok dalam menyampaikan informasi tentang pengetahuan di bidang pertanian sehingga akan menjadi seorang penyuluh pertanian yang berkualitas.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian dan menyebarluaskan hasilnya serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
  3. Memperluas dan meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan jaringan kerjasama bidang agribisnis.

D. Kompetensi
Sesuai dengan bentuk tugas akhir mahasiswa yang telah ditetapkan program studi yaitu berbentuk kewirausahaan, maka kompetensi utama yang harus mampu ditampilkan secara memuaskan sesuai dengan penciri program studi adalah:

  1. mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan;
  2. mampu merencanakan, mengoperasikan dan mengembangkan unit usaha agribisnis yang inovatif dan kreatif serta menciptakan nilai tambah yang berwawasan lingkungan;
  3. mampu mengidentifikasi dan mengelola resiko, melihat peluang serta mengantisipasi ketidakpastian di masa depan; dan
  4. mampu menerapkan prinsip-prinsip manajerial.

E. Laboratorium

  1. Lab. Analisis
  2. Lap ternak
  3. Lab. Pakan ternak
  4. Lab. Ternak Formulasi Pakan Ikan
  5. Waduk Polije

F. Kerjasama

  1. PT.Surya Agro Probolinggo
  2. PT. Jagung Hibrida Sulawesi
  3. PT. Winon Intercontinental
  4. Mitra Kerja Kewirausahaan
  5. CV. Kajeye Food

Pengumuman Politeknik Negeri Jember

04 April 2017
  UMPN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa ba...
03 April 2017
Persyaratan yang harus dipenuhi dan dilaksanakan s...
20 March 2017
Bagi peserta yang dinyatakan LULUS SELEKSI, wajib ...