Produksi Ternak

Produksi Ternak

Program ini menawarkan perkuliahan selama 3 tahun (6 semester) di bidang peternakan dengan kompetensi utama produksi ternak yang meliputi budidaya, pemeliharaan, dan pengolahan hasil ternak (seperti sapi, kambing, ayam dll). Calon mahasiswa yang bisa mendaftar program ini adalah lulusan SLTA atau sederajat dari berbagai jurusan khususnya yang mengajarkan biologi, kimia dan matematika. Dalam proses belajar mengajar, mahasiswa mengikuti perkuliahan baik di kelas, laboratorium maupun di lapangan selama 5 semester, termasuk menyelesaikan tugas akhir. Kemudian pada semester 6, mereka mengikuti program magang di perusahaan-perusahaan yang relevan. Setelah menyelesaikan program ini, lulusan akan mampu menguasai keterampilan teknis dan manajerial dalam membudidayakan, memelihara dan mengolah hasil ternak. Sehingga dengan memiliki kompetensi tersebut, lulusan memiliki peluang kerja menjadi wirausahawan di bidang penggemukan sapi, produksi susu sapi perah, ayam pedaging, ayam petelur, penggemukan kambing, produksi susu kambing, dan dapat juga bekerja sebagai karyawan di industri peternakan dan pengolahan hasil ternak (meat, milk, egg, etc.).

VISI

Menjadi program studi sebagai wahana pendidikan professional dalam bidang peternakan berwawasan lingkungan, yang mampu menghasilkan lulusan yang bermoral, mempunyai kemahiran fisik, teknologi terapan, serta manajemen produksi peternakan yang mampu mengantisipasi kemajuan IPTEKS dan memiliki jiwa kewirausahaan serta dapat bersaing dalam kompetisi global yang dinamis dan sehat.

MISI

Mempersiapkan dan melaksanakan pendidikan professional yang bermutu di bidang peternakan, dengan menitikberatkan pada kemahiran manajemen, produksi peternakan, teknologi terapan dan kewirausahaan.

Fokus Mata Kuliah :
Produksi Ternak
- Produksi Ternak Perah
- Produksi Ternak Potong dan Feedlot
- Produksi Ternak Unggas

Teknologi Reproduksi
- Pemuliaan Ternak
- Reproduksi Ternak
- Teknologi Inseminasi Buatan

Teknologi Pakan (Feed Technology)
- Makanan Ternak dasar
- Nutrisi Ternak
- Produksi Hijauan Pakan
Teknologi Hasil Ternak
- Teknologi PengolahanSusu
- Teknologi PengolahanDaging
- Teknologi Pengolahan Telur
- Teknologi Pengolahan Kulit

Sosial Ekonomi Peternakan
- Kewirausahaan
- Perencanaan Usaha Peternakan
- Manajemen Usaha Peternakan
- Penyuluhan

FASILITAS

- Laboratorium Produksi Ternak
- Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan
- Unit Pemeliharaan Ternak (Sapi, Domba, Kambing, Unggas)
- Pabrik pakan Ternak (Poltek Feed Indonesia)
- Laboratorium Komputer
- Perpustakaan

KOMPETENSI

Lulusan Program Studi Produksi Ternak mempunyai kompetensi :
- Mampu melakukan proses produksi ternak (sapi, domba, kambing, unggas dan aneka ternak) secara efisien;
- Mampu menerapkan teknologi pembibitan ternak;
- Mampu menerapkan teknologi inseminasi buatan;
- Mampu menerapkan teknologi pakan ternak;
- Mampu menerapkan tenologi pengolahan hasil ternak;
- Mampu menganalisis usaha peternakan.

PELUANG

Peluang kerja lulusan Program Studi Produksi Ternak adalah di perusahaan peternakan, pegawai negeri, dan wirausaha bidang peternakan. Perusahaan yang telah merekrut lulusan program studi ini antara lain : PT Charoen Pokphand Indonesia, PT Japfa Comfeed Indonesia, PT Wonoloyo, PT Cipendawa, PT Karyana Gita Utama Feedlot, PT Ciomas, PT Nusantara Unggas Jaya. Sebagian lulusan juga ada di perusahaan di luar negeri.

KERJASAMA

1. Balai Inseminasi Buatan, Malang
2. PT. Primatama Karya Persada, Surabaya
3. PT. Japfa Comfeed, Surabaya
4. PT. Charoen Pokphand, Surabaya