Teknologi Industri Pangan

Teknologi Industri Pangan

Program ini menawarkan perkuliahan selama 3 tahun (6 semester) di bidang pertanian dengan kompetensi utama teknologi industri pangan yang meliputi proses penanganan bahan mentah, pengolahan dan pengawetan produk pangan. Calon mahasiswa yang bisa mendaftar program ini adalah lulusan SLTA atau sederajat dari berbagai jurusan khususnya yang mengajarkan biologi, kimia dan matematika. Dalam proses belajar mengajar, mahasiswa mengikuti perkuliahan baik di kelas, laboratorium maupun di lapangan selama 5 semester, termasuk menyelesaikan tugas akhir. Kemudian pada semester 6, mereka mengikuti program magang di perusahaan-perusahaan yang relevan. Setelah menyelesaikan program ini, lulusan akan mampu menguasai keterampilan teknis dan manajerial dalam pengolahan produk pangan mulai dari bahan mentah sampai menjadi makanan dan minuman yang lezat, sehat dan bergizi. Dengan memiliki kompetensi tersebut, lulusan memiliki peluang kerja menjadi wirausahawan di bidang produksi makanan dan minuman, atau menjadi karyawan di perusahaan pengolahan makanan dan minuman, perusahaan pengolahan hasil ternak (seperti daging, susu dan telur), dan perusahaan pengolahan hasil perikanan (misalnya: ikan kering, ikan kalengan, dll.).


A. Visi program studi
Lembaga pendidikan tinggi berbasis vokasi yang menyiapkan sumber daya manusia beriman, bertaqwa, profesional dan handal serta mengembangkan teknologi terapan di bidang teknologi industri pangan

B. Misi program studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi yang menghasilkan lulusan Ahli Madya (A.Md) di bidang Teknologi Industri Pangan di tingkat nasional dan internasional.
  2. Melaksanakan program pendidikan yang berorientasi aplikasi dan menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan teori kedalam praktek.
  3. Mendidik mahasiswa dengan kualitas kepemimpinan dan profesional, berpikir kritis dan analitis, memiliki sifat kewirausahaan dan memahami kompleksitas global.
  4. Melaksanakan penelitian yang bersifat terapan sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
  5. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan menjalin kemitraan dengan Stakeholders yang saling menguntungkan dengan penerapan hasil-hasil penelitian.
  6. Menjalin kerjasama dengan program studi sejenis ditingkat nasional dan internasional

C. Tujuan program studi

  1. Menghasilkan lulusan sebagai ahli yang profesional dalam bidang penanganan dan pengolahan pangan
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Teknologi Industri Pangan dan memiliki jiwa entrepreneurship serta mampu berusaha secara mandiri (wirausaha) dan mampu bersaing dalam era global.
  3. Membentuk jaringan informasi pelayanan masyarakat, dunia usaha dan industri dalam kajian penerapan teknologi industri pangan.
  4. Menyelenggarakan penelitian inovatif dan aplikatif pada proses belajar-mengajar dan pembangunan industri pengolahan pangan.
  5. Menerapkan hasil-hasil riset dan pengembangan di bidang teknologi industri pangan melalui jaringan kerjasama dengan masyarakat, dunia usaha, industri dan instansi lain.
  6. Menyelenggarakan kerja sama dengan industri dalam bidang jasa penanganan dan pengolahan makanan.

D. Kompetensi
Keahlian utama dari Ahli Madya Teknologi Pangan adalah mampu secara profesional mengaplikasikan dan mentransformasikan prinsip-prinsip ilmu pangan pada sistim seleksi bahan pangan, karakterisasi (sifat fisik dan kimia) bahan pangan , analisa pangan (kimia, fisika, mikrobiolgi dan sensory), Teknologi Penanganan Pasca Panen, Teknologi pengolahan dan pengawetan, Teknologi pengemasan Pangan, Pengawasan mutu, Sanitasi Industri Pangan, Penanganan limbah industri pangan  dan distribusi produk, manajemen industri pangan dan kewirausahaan

E. Laboratorium

  1. Lab.  Analisis Pangan
  2. Lab.  Biosain
  3. Lab.  Analisis Pangan
  4. Lab.  Komputer
  5. Lab.  Pengolahan Pangan dan Lab. Analisis Pangan
  6. Lab.  Pengolahan  Pangan

F. Kerjasama
Kerjasama Luar Negeri :

  1. PT.  Mitra Tani 27 Jember
  2. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propensi Jawa Timur
  3. PT. Inti Luhur Fuja Abadi (ILUFA), Pasuruan
  4. Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Bondowoso
  5. PT. Maya Muncar, Banyuwangi
  6. Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Pamekasan
  7. Kantor Bagian Perekonomian Kabupaten Jember

Kerjasama Dalam Negeri :

  1. RMUTT (Raja Manggala University of Technology Thanyabury) Thailand
  2. Kyungpuk University, Korea selatan
  3. Nortrumbia University, England
  4. Human Akademic