LAKSANAKAN TES JALUR MANDIRI SECARA DARING BERBASIS KOMPUTER

Pengawasan Gunakan Aplikasi Zoom

Keterangan foto :
Tingkatkan Pengawasan : Para Pengawas dan Panitia Mengawasi dengan Teliti Wajah Peserta, Mengabsen Kehadiran serta Memantau Situasi Sekitar Peserta melalui Aplikasi Zoom

Meskipun di musim pandemi Covid-19 belum reda, Politeknik Negeri Jember (Polije) masih konsisten melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru (maba) jalur Mandiri 2020 sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Proses seleksi dilaksanakan dengan metode CBT (Computer Based Test), sedangkan pengawasannya dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Ketika prosesi ujian dimulai pada jam 08.30 WIB, diruang pusat komando dan pengendalian pelaksanaan tes, tampak beberapa pengawas dan panitia intensif memantau kehadiran, mencocokkan data dan wajah peserta di kartu peserta dengan wajah di video aplikasi Zoom serta memantau aktifitas peserta selama mengerjakan naskah ujian.

“Pelaksanaan tes jalur Mandiri dilaksanakan secara daring. Untuk menjaga kredibilitas tes dilaksanakan pengawasan dengan aplikasi Zoom”, terang Wahyu Kurnia Dewanto, S.Kom, MT. menurutnya dengan tes sistem daring ini, peran dan kejelian pengawas sangat penting, agar kesempatan perjokian bisa di minimalkan.

Seleksi maba jalur Mandiri, dilaksanakan dalam 2 kelompok ujian, kelompok Rekayasa dan Pertanian dilaksanakan mulai jam 08.30 WIB, sedangkan kelompok Tata Niaga dilaksanakan mulai jam 13.00 WIB. Setiap sesi ujian disediakan waktu 150 menit untuk mengerjakan 100 naskah soal.

“Mengingat tes berbasis computer secara daring masih baru pertama dilakukan, apalagi sebagian besar peserta belum mempunyai pengalaman, maka 2 hari sebelum tes peserta diberikan kesempatan untuk melakukan simulasi, terutama dalam penggunaan username dan password tautan ujian maupun ID meeting dan password aplikasi zoom”, papar Wahyu Kurnia.

Pengumuman jalur Mandiri ini akan dilaksanakan pada Minggu, 30 Agustus 2020 sedangkan daftar ulangnya akan dilaksanakan mulai 31 Agustus sampai dengan 5 September 2020. Jalur Mandiri merupakan jalur seleksi terakhir, yang jumlah kuotanya untuk melengkapi kuota maba 2020, yang sebelumnya sudah dilakukan melalui jalur PMDK-PA, SNMPN, SBMPN dan SBMPTN.

Menurut Kepala Unit Humas dan Kerjasama Mahsus Nurmanto, bahwa di musim pandemi Covid-19 ini jadwal foto KTM dan pengukuran jas almamater mulai jalur seleksi maba PMDK-PA sampai jalur Mandiri sementara ditunda sampai kondisi memungkinkan para maba datang ke kampus.

“Jadwal lanjutan prosesi penerimaan semua maba, mulai dari orientasi maba atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau PKKMB maupun perkuliahannya juga dilaksanakan secara daring”, tandas Mahsus Nurmanto. Menurutnya para maba sangat dianjurkan untuk selalu memantau setiap tahapan kegiatan yang berkaitan dengan maba melalui pengumuman di laman resmi Polije maupun informasi melalui media sosial.

Leave A Reply

Your email address will not be published.