Preaload Image

Bagi lulusan SMA/SMK/MA yang berniat dan mempunyai minat serta cita-cita dan berkarir di dunia industri, maka Perguruan Tinggi Negeri yang paling tepat adalah melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri Vokasi, yaitu Politeknik Negeri Jember.

Politeknik Negeri Jember memberi kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA untuk belajar dan menimba ilmu serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa melalui penguatan kurikulum berbasis produk serta program sertifikasi yang ada.

Seleksi mahasiswa baru Politeknik Negeri Jember terdapat 4 jalur, yaitu PMDK-PA (Penelusuran Minat dan Kemampuan Prestasi Akademik), PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri),  UMPN Nasional (Ujian Masuk Politeknik Negeri), dan UM POLIJE (Ujian Masuk Politeknik Negeri Jember).

Jalur PMDK-PA dan PMDK-PN merupakan jalur tanpa tes berdasarkan nilai raport dan prestasi akademik serta non akademik saat masih di SMA/SMK/MA. Sedangkan jalur UMPN Nasional dan UM POLIJE merupakan seleksi mahasiswa baru melalui ujian tulis.

Bagi mahasiswa lulusan D1, D2, D3 dapat melanjutkan studinya melalui Program Lintas Jenjang. Sedangkan bagi mahasiswa lulusan D4 dapat melanjutkan studi ke jenjang S2, yaitu Program Pascasarjana Magister Sains Terapan Agribisnis.