POLIJE BANGUN KAWASAN EDUWISATA JEJU PARK

Kerjasama dengan Balitjestro Puslitbangtan Malang

Keterangan foto :

Bangun Jeju Park : Direktur Polije Saiful Anwar, S.TP, MP sedang Menanam Perdana Jeruk di Kawasan Wisata Edukasi Jeju Park kerjasama dengan Balitjestro Malang

Pengembangan kawasan kebun inovasi Politeknik Negeri Jember (Polije) yang sudah dikenal lama oleh masyarakat sebagai kawasan wisata petik sayur dan buah, akan dikembangkan menjadi kawasan edu wisata petik Jeruk. Kawasan Edu wisata jeruk yang dinamakan Jeju Park (Jeruk Polije Park) tersebut ditandai dengan penanaman perdana jeruk oleh Direktur Polije Saiful Anwar, S.TP, MP yang didamping oleh para Wakil Direktur dan pejabat lainnya.

Di kawasan Jeju Park akan ditanam berbagai jenis Jeruk, mulai dari Jeruk Keprok jenis RGL sebanyak 30 tanaman, Jeruk Pamelo sebanyak 20 tanaman, Jeruk Lemon Montaji 30 tanaman, Jeruk Siam Banjar dan Siam Pontianak sebanyak 400 tanaman. Demikian dituturkan oleh Manajer Kebun Inovasi Ujang Tri Cahyono, SP. “Jeju Park akan ditanami beberapa varian Jeruk, mulai dari jeruk Keprok RGL dan Pamelo, Jeruk Lemon serta Jeruk Siam Banjar dan Siam Pontianak”, terangnya.

Menurut Saiful Anwar, penanaman Jeruk di kawasan Jeju Park ini merupakan kerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) Malang. “Polije digandeng untuk produksi bibit Jeruk serta pemasaran untuk kawasan IBT”, tutur Saiful Anwar.

Jeju Park beberapa tahun mendatang akan menjadi destinasi wisata edukasi petik Jeruk melengkapi distinasi wisata edukasi seperti petik sayur dan buah, belajar mengenal peternakan, wisata edukasi ke pabrik Roti dan lain sebagainya. “Jeju Park disamping akan menjadi destinasi wisata keluarga petik Jeruk, juga bisa dimanfaatkan masyarakat belajar tentang budidaya Tanam Jeruk, Riset bersama serta program magang baik untuk siswa SMK, mahasiswa dan strata masyarakat lainnya”, tandas Saiful Anwar.

“Disekitar Jeju Park juga akan ditanami tanaman lainnya seperti tanaman Pepaya jenis California sebanyak 450 tanaman dan Nanas Madu sebanyak 400 tanaman”, imbuh Ujang Tri Cahyono. Dengan penanaman perdana ini akan memulai membangun kawasan baru yang melengkapi kebun inovasi yang sampai saat ini sudah dibudidayakan tanaman hortikultura, seperti aneka sayuran, Bawang Merah, Kedelai, Jagung, Semangka dan lain sebagainya. Serangkaian penanaman Jeruk di kawasan Jeju Park, ditutup dengan melakukan panen perdana Bawang Merah di kawasan kebun inovasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.