POLIJE BERSAMA PT ICON PLUS WUJUDKAN PUSAT BELAJAR

Fasilitasi Desa Binaan dengan Fasilitas Internet Gratis

Keterangan foto :
Belajar Online Lancar : Siswa di sekitar KPJT Manut Senang dan Tekun dalam Mengikuti Pembelajaran secara Online karena didukung Internet dengan Kapasitas 20 Mbps bantuan PT. Icon+

Permasalahan yang berkaitan dengan dampak pandemi Covid-19 berimbas bagi masyarakat dalam banyak aspek, mulai aspek kesehatan, sosial, ekonomi dan pendidikan. Diantara imbas yang cukup menyolok khusus bagi masyarakat pedesaan adalah dalam aspek pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran baik siswa SD, SMP dan SMA harus dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring). Pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi covid-19 orangtua harus menyediakan fasilitas ekstra, mulai dari telepon selular beserta paket datanya. Di musim pandemi covid-19 ini beban masyarakat semakin meningkat baik untuk eksis dalam usaha yang semakin berat tantangannya karena pengangguran meningkat, penjualan barang dagangan yang semakin menurun, masih harus menyediakan sarana pendidikan, apalagi orangtua dituntut untuk mendampingi proses pembelajaran dengan membimbing putra putrinya dalam mengerjakan tugas yang juga dilaksanakan secara online.

Kondisi ini tidak terkecuali di alami oleh masyarakat yang tergabung di Koperasi Petani Jamur Tiram (KPJT) Manut Desa Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. “Masyarakat dituntut berjuang ekstra untuk eksis dalam aspek ekonomi karena imbas pandemi sangat berimbas terhadap tingkat usaha yang pemasarannya sangat terpengaruh, juga harus menyediakan sarana handphone dan paket data internet untuk menunjang proses pembelajaran secara online tersebut”, ujar Muhammad Agus Saichu Ketua KPJT Manut.

Desa dan Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang sejak 2018 sampai sekarang menjadi desa binaan Politeknik Negeri Jember (Polije). Pendampingan dan pembinaan telah dilakukan mulai peningkatan kwalitas budidaya Jamur Tiram, pengolahan Jamur Tiram menjadi 12 macam olahan pangan serta aspek pemasaran, yang salah satunya dengan menggunakan sarana internet baik penyediaan website dan media sosial.

Berkenaan dengan kerjasama yang dilakukan oleh Polije dengan PT. Indonesia Comnets Plus (Icon+) yang merupakan entitas anak usaha PT. PLN (Persero), yang bergerah dibidang penyediaan jaringan telekomunikasi, maka pada Selasa (18/8) di berikan fasilitas Pusat Belajar di sekretariat KPJT Manut berupa pemasangan wifi dengan kapasitas 20 Mbps.

Menurut Datwillyana Noviarno Manager Kantor Perwakilan Service Point V PT. Icon+ Jember, salah satu perwujudan kerjasama dengan Polije serta bagian pengabdian untuk negeri, maka dilakukan pemasangan wifi gratis, agar bisa dimanfaatkan oleh para siswa baik SD, SMP, SMA dan mahasiswa yang ada sekitar sekretariat KPJT Manut untuk meningkatkan pembelajaran secara online. “Semoga pemasangan wifi ini bisa dimanfaatkan oleh anak-anak kita untuk meningkatkan pembelajaran secara online untuk mengurangi beban para orangtua untuk menyedaiakan paket data”, cetus Willy.

“Paket internet di Pusat Belajar disini sangat stabil dan cepat, sehingga sangat membantu dalam proses pembelajaran secara online”, demikian tandas Olivia Hermawan salah satu siswa SMA yang memanfaatkan fasilitas internet di pusat belajar.

Pusat belajar ini akan dibuka mulai jam 8 pagi sampai jam 20 malam. Paket internet bantuan PT. Icon+ ini juga sekaligus bermanfaat bagi KPJT Manut didalam meningkatkan publikasi produk olahannya, sehingga bisa dikenal dan diakses oleh konsumen. Demikian dituturkan oleh Hendra Yuvit Riskiawan, S.Kom. M.Cs Ketua Program Pengabdian Desa Mitra Polije. “Kami harapkan fasilitas wifi gratis ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik untuk sarana belajar dan meningkatkan eksistensi pemberdayaan desa mitra sebagai desa kuliner berbasis Jamur Tiram serta meningkatkan kwalitas pendidikan para siswa”,imbuh Hendra Yufit.

Leave A Reply

Your email address will not be published.