POLIJE DAMPINGI DONGKRAK BUMDes LUMAJANG

Melalui PKL Tematik Kewirausahaan

Keterangan foto :

Program PKL TKWU : Direktur Polije Saiful Anwar, S.TP, MP ketika Menandatangani Berita Acara Serah Terima Mahasiswa Program PKL Tematik Kewirausahaan dengan Syamsul Arifin, SP, MM Plt Kepala DPMD yang disaksikan oleh Indah Amperawati Wakil Bupati Kabupaten Lumajang

Pemerintah Kabupaten Lumajang secara resmi dan simbolis Selasa (18/8) telah menerima 300an mahasiswa Politeknik Negeri Jember (Polije) untuk melakukan Praktek Kerja Lapang Tematik Kewirausahaan (PKL TKWU).

Penyerahan secara simbolis tersebut dilakukan oleh Direktur Polije Saiful Anwar, S.TP, MP kepada Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lumajang Syamsul Arifin, SP, MM di Pendopo Arya Wiraraja. Penyerahan secara simbolis yang disaksikan oleh Wakil Bupati Indah Amperawati dilanjutkan dialog melalui fasilitas video conference (vicon) antara para pejabat di pendopo, perwakilan dari USAiD-Mitra Kunci dan perwakilan mahasiswa peserta PKL TKWU di salah satu Desa lokasi BUMDes.

Menurut Indah Amperawati, mahasiswa PKL TKWU mampu membantu memetakan potensi, mendampingi dan mendongkrak sekaligus mengaktifkan BUMDes yang ada di 74 Desa agar produktif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa tersebut. “Saya sangat mengharapkan agar kalian mampu mendampingi, mengaktifkan dan mendongkrak BUMDes tempat kalian PKL, dengan membantu memetakan potensi dan memberikan jalan keluar para pengelola BUMDes memajukan usahanya”, tandasnya

Menurutnya, Lumajang sangat kaya akan SDA, akan tetapi harus diakui dalam pengembangan teknologinya masih kurang. Salah satu potensi unggul Lumajang adalah Salak Pronojiwo, sehingga dengan sentuhan teknologi pertanian dalam aspek budidaya dan pasca panen, Salak Pronojiwo menjadi salah satu komoditas yang dikembangkan oleh BUMDes, disamping potensi SDA lainnya.

Dalam sambutan penyerahannya, Saiful Anwar menandaskan dalam PKL TKWU ini merupakan kerjasama dengan USAiD-Mitra Kunci bersama Politeknik Negeri Bandung dan Politeknik Negeri Semarang. Polije menerjunkan 800 mahasiswa jenjang Sarjana Tearapan berbagai bidang ilmu dengan kompisisi 10 mahasiswa di setiap BUMDes.

“Kelompok mahasiswa yang diterjunkan disetiap BUMDes terdiri dari 10 mahasiswa yang berasal dari disiplin ilmu, sehingga mampu memetakan berbagai permasalahan yang dialami oleh BUMDes”, papar Saiful Anwar. Dalam program PKL TKWU ini akan didampingi oleh 40 Dosen Pembimbing dan mendampingi seluruh mahasiswa peserta PKL TKWU sebanyak 792, dengan sekitar 300an mendampingi BUMDes di Kabupaten Lumajang, serta selebihnya melakukan PKL TKWU secara mandiri yang tersebar di Wilayah Jember dan Banyuwangi.

Dr. Dhanang Eka Putra, M.Sc Ketua Panitia Pelaksana PKL TKWU berharap, program PKL TKWU ini mampu melibatkan dan memberdayakan masyarakat dalam mengembangkan potensi BUMDes serta berkontribusi dalam pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19. “Kami berharap mahasiswa peserta PKL TKWU dengan bekal dan kompetensi sesuai bidang yang beragam tersebut mampu membantu memetakan potensi dan pemasalahan yang ada di BUMDes, sehingga mampu meningkatkan kapasitas usaha serta meningkatkankan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam aspek membantu pemulihan ekonomi sebagai dampak wabah Covid-19”, harap Dhanang Eka Putra.

Leave A Reply

Your email address will not be published.