POLIJE KUKUHKAN KEMITRAAN DENGAN 32 MITRA DAN INDUSTRI

Melalui Program Link and Match “Pernikahan Masal” Penandatanganan MoU Serentak


Keterangan foto :
Kukuhkan Link and Match : Direktur Polije Menandatangani MoU Serentak secara Daring dan Luring dengan 32 Institusi Mitra dan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) Memperkuat Program Link and Match

Peran strategis Politeknik Negeri Jember (Polije) sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi negeri (PTVN) unggulan di Indonesia dalam berkontribusi terhadap pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) semakin nyata dan mendapatkan pengakuan segenap pemangku kepentingan baik sesama perguruan tinggi, pemerintahan serta kalangan industri, dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA).

Hal itu ditandai dengan dilaksanakannya penandatangan MoU secara serentak dengan 32 institusi mitra dan IDUKA dalam rangka mewujudkan dan memperkuat program link and match, yang digulirkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, agar antara perguruan tinggi dan IDUKA menjalin kemitraan, baik dalam aspek perekrutan SDM, Riset bersama, Magang/PKL Industri, Dosen dari Industri dan kemitraan lainnya dengan IDUKA.

Hal inilah yang Selasa (27/10) dilakukan oleh Polije bersama 32 institusi mitra dan IDUKA mengukuhkan kemitraan dari yang sudah berjalan agar menghasilkan manfaat yang lebih luas lagi. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 32 Polije.

Demikian dipaparkan oleh Saiful Anwar, S.TP, MP ketika memberikan sambutan. “Penandatanganan MoU secara serentak ini merupakan momentum melanjutkan kemitraan yang telah dilakukan Polije, untuk menyukseskan program Link and Match dengan IDUKA”, tegasnya.

Kegiatan ini juga telah mendapatkan apresiasi dari Dr. Ahmad Saufi, M.Si Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Ditjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud, yang mewakilkan kepada Ir. Suhadi Lili Subkoordinator Penyelenggara PTVP hadir langsung ke kampus Polije untuk menyaksikan penandatanganan MoU. “Polije capaian prestasinya dalam program Link and Match berbeda dan melebihi rata-rata Politeknik lainnya. Apalagi dalam pengembangan Teaching Factory yang telah nyata menjadi penopang kwalitas praktikum untuk memperkuat kompetensi serta mampu menghasilkan PNBP dan kemitraan dengan IDUKA”, paparnya di depan wartawan.

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja tersebut dilaksanakan secara daring dan luring. Pimpinan Mitra dan IDUKA yang hadir dan melakukan penandatanganan secara luring hadir di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja Polije adalah 2 Direktur Politeknik yaitu Politeknik Negeri Madura, Direktur Politeknik Banyuwangi serta 9 Pimpinan perusahaan (IDUKA), sedangkan 20 Mitra Iduka lainnya melakukan tanda tangan secara daring.

Data 32 mitra dan IDUKA yang menandatangani MoU tersebut meliputi :

  • 2 Perguruan manca negara (Jiangsu Agri-animal Husbandary Vocatioanal College China serta Vaagdevi College of Engineering Warangal India)
  • 4 PTN/PTS (Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Indonusa Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Jember)
  • 5 Pemerintahan (Pemprov. Jawa Timur, Pemprov. Aceh, Pemkab. Situbondo, Pemkab. Sidoarjo dan Pemkab. Nganjuk)
  • Direktur PT Botani Seed Indonesia, Bogor; Direktur Indomaret Grup, Jakarta; Direktur PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), Jember; Direktur PT J&T Express Indonesia, Surabaya; Direktur PT Dua Kelinci, Pati; Direktur PT Gamatechno Indonesia, Yogyakarta; Ketua Ikatan Pengusaha Benih Holtikultura Indonesia, Malang; Direktur PT Charoend Phokphand Indonesia, Surabaya; Direktur PT Yoongbe Indonesia (PMA Korea), Jember; Direktur CV. Pertanian Bumi Jaya, Tanggul Jember; Direktur CV. Sekawan Tani Indonesia, Puger Jember; Direktur PT Bank Sinar MasSyariah Jember; Presiden Direktur PT Benih Citra Asia, Ajung Jember; Direktur PT Mangli Djaya Raya, Jember; Manager PT Roda Sakti Surya Raya (YAMAHA), Jember; PT Garudafood Putra Putri Jaya. Tbk; PT Manufactur Dynamic Indonesia; PT Seger Pakusari Agrobisnis; PT Marimas Putera Kencana, Semarang.

Menurut Presiden Direktur PT. Benih Citra Asia Slamet Sulistyono, bahwa pihaknya sudah sangat merasakan manfaat kemitraan dengan Polije, mulai dari perekrutan SDM, magang inudtri/PKL, riset bersama, menjadi Dosen Industri di Polije serta kemitraan dalam bidang perbenihan. “Kemitraan antara kami dan Polije sudah terjalin erat serta betul-betul sudah menerapkan prinsip Link and Match”, tandasnya.

Kemitraan antara PTV dan IDUKA merupakan suatu keniscayaan, mengingat kebutuhan SDM di masa mendatang, membutuhkan SDM yang siap, trampil dan kompeten, untuk menopang pembangunan

Leave A Reply

Your email address will not be published.