POLIJE TUNTASKAN UJI KOMPETENSI DTS TAHAP 2

Sedang disiapkan DTS tahap 3 di Tahun 2020

Serangkaian pelatihan dan uji kompetensi (ujikom) penyelenggaraan Digital Talent Scholarship (DTS) Vocational School Graduate Academy (VSGA) Tahap ke-2 2019, telah tuntas melalui upacara penutupan yang dilaksanakan pada Jum’at kemarin.

Dalam sambutannya Direktur Politeknik Negeri Jember (Polije) mengapresiasi pelaksanaan program DTS tahap 2 yang merupakan kepercayaan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam menyiapkan SDM unggul dan kompeten di era revolusi industry 4.0.

“Keberlanjutan program DTS sampai tahap 2 ini menjadi salah satu indikasi, akan kepercayaan Kemenkominfo bermitra Polije dalam menyiapkan SDM unggul”, paparnya. DTS bertujuan meningkatkan keterampilan (up-skilling) SDM bidang Komunikasi dan Informatika sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa, sehingga menambah jumlah talenta-talenta digital di Indonesia dan siap bersaing di era revolusi industri 4.0.

Menurut Ketua Jurusan Teknologi Informasi Polije Hendra Yufit Riskiawan, S.Kom, M.Cs, dalam ujikom program DTS tahap 2 ini ada sedikit perbedaan konsep dan pemahaman antara panitia pelaksana dengan pihak Lembaga Sertifikasi (LSP) khusus LSP TIK dalam kaitan piranti ujikom dan materi baku untuk pelatihan yang diterima panitia penyelenggaran (Jurusan Teknologi Informasi). “Prosentasi capaian tingkat kompeten peserta khusus pada rumpun Junior Graphic Designer, dibawah harapan. Karena ada perbedaan piranti ujikom dengan panduan materi pelatihannya”, terangnya.

Masih menurut Hendra Yufit, perbedaan ini sudah dilaporkan ke pihak Kemenkominfo, agar menjadi bahan evaluasi dalam penyelenggaraan DTS tahap 3 pada tahun mendatang. Hasil akhir tingkat kompetensi peserta pada Ujikom DTS tahap 2 meliputi : Junior Web Developer 79 %, Junior Network Administrator 86 %, Junior Graphic Designer 59 % dan Junior Mobile Programmer 80 %.

Menurut Ika perwakilan BPSDMP Kominfi Surabaya, DTS merupakan Beasiswa Pelatihan dan Sertifikasi Talenta Digital. Program Beasiswa yang diselenggarakan ini adalah Vocational School Graduate Academy (VSGA). “VSGA melatih dan meningkatkan kompetensi peserta program agar mempunyai tingkat produktivitas dan meningkatkan daya saing bangsa untuk memperkuat telanta unggul Indonesia dan siap bersaing di era revolusi industry 4.0”. ujarnya.

Diakhir paparannya, Eka menyampaikan tindak lanjut ujikom DTS tahap 2, dengan mengadakan pendampingan, agar peserta ujikom yang sudah kompeten akan menjadi start up sesuai potensi local khususnya utk meningkatkan ekonomi digital. “Alhamdulillah dari pelaksanaan DTS tahap sebelumnya sudah memunculkan start up baru, termasuk kami harapkan peserta yang dari Polije”, tandasnya.

Tempat pelatihan semua skema dilaksanakan di Jurusan Teknologi Informasi, yang tersebar : Junior Web Developer di Lab. Rekayasa Sistem Informasi, Junior Mobile Programmer di Lab. Rekayasa Perangkat Lunak, Junior Graphic Designer di Lab. Komputasi dan Sistem Informasi serta Junior Network Administrator dilaksanakan di Lab. Arsitektur dan Jaringan Komputer.

Leave A Reply

Your email address will not be published.