TIGA LULUSAN POLIJE MENJADI PROJECT MANAGER PT. ATW

FGD Rintisan Kelas Kerjasama  Bersama IDUKA

Keterangan foto :
FGD Rintisan Kelas Kerjasama : Prodi Teknik Energi Terbarukan Jurusan Teknik Polije Selenggarakan FGD untuk Memperkuat Kemitraan dengan PT. ATW Solar

Program Studi (Prodi) Teknik Energi Terbarukan (TET) Jurusan Teknik Politeknik Negeri Jember (Polije) menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) di Hotel Meotel Jember. Acara ini dihadiri pimpinan PT. ATW Solar yang merupakan perusahaan yang berkantor Jl. Mandar VI Blok DC4 No.12, Pd. Karya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten dan yang bergerak dibidang konstruksi pembangkit listrik tenaga surya atau solar panel.

Acara ini merupakan langkah konkret dari Prodi Teknik Energi Terbarukan dalam menjalankan Program Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yaitu program penguatan Link and Match antara perguruan tinggi vokasi dengan industri, dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA). Program link and match ini bertujuan untuk menghasilkan SDM (sumber daya manusia) unggul, dalam hal ini lulusan perguruan tinggi yang mempunyai keahlian yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri.

Direktur Polije Saiful Anwar, S.TP MP dalam sambutan pembukaan menyampaikan apresiasi langkah konkret yang dilakukan oleh Prodi TET untuk mewujudkan lulusan polije yang mempunyai kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia industri. “Untuk mewujudkan lulusan perguruan tinggi yang mempunyai kompetensi yang sesuia dengan yang dibutuhkan industri, perguruan tinggi tidak bisa berdiri sendiri harus berkolaborasi dengan mitra dalam hal ini industri”,ungkap Saiful Anwar. Direktur Saiful Anwar juga berharap banyak,  kolaborasi antara pihak PT. ATW Solar, selain pengembangan kurikulum, magang mahasiswa dan juga perekrutan karyawan.

Victor Samuel selaku Vice President of  Bussines Development PT. ATW Solar yang hadir dalam acara ini juga menyambut baik dan sangat berterimakasih kepada Polije. “Kerjasama Polije dengan ATW Solar sebenarnya sudah terjalin sejak lama mulai tahun 2017 yang dimulai dengan perekrutan karyawan, saat ini ada tiga karyawan ATW Solar dengan jabatan Projeck Manager adalah lulusan dari Polije, ungkap Victor.

Selain itu dia mengungkapkan bahwa ATW Solar menjadi besar seperti sekarang tidak lepas dari peran lulusan dari Polije dan juga mereka sangat puas dengan kinerja dari lulusan Polije.

Disamping itu juga hadir Wakil Direktur Bidang Kerjasama Polije, Dr. Ir. Nantil Bambang Eko S, M.Si sebagai pengarah acara. “Polije merupakan perguruan tinggi vokasi yaitu perguruan tinggi yang diharapkan lulusannya mempunyai kecakapan dalam hal prakrek yang nantinya akan siap untuk terjun didunia kerja, sehingga kurikulumya harus sesuai dengan yang di butuhkan oleh industri”, pungkasnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi membahas skema kerja sama yang nantinya akan dikolaborasikan dengan PT. ATW Solar yang meliputi : penelitiam skipsi, magang industri, dosen tamu, perekrutan, riset bersama serta peluangnya membuka kelas kerjasama. Demikian dijelaskan oleh Muhammad Nuruddin, ST, M.Si.

“FGD yang sudah kami lakukan bersama PT. ATW Solar sangat produktif. Hal ini dapat dilihat dari aspek rancangan ragam kerjasama yang sepakat akan ditindak lanjuti dengan kemitraan antara Polije dengan ATW. Apalagi ada beberapa lulusan prodi TET sudah menjadi bagian karyawan ATW bahkan sudah ada 3 lulusan yang menjadi manajer proyek”, tandass Nurudin mantap.

FGD yang dimoderatori oleh Yuli Hananto, S.TP, M.Si selaku Ketua Prodi TET, berjalan sangat dialogis, baik segenap peserta yang bersal daro para Dosen Prodi TET maupun narasumber dari PT. ATW. “Salah satu catatan penting dari FGD ini, akan sangat bermanfaat untuk menyempurnakan kurikulum agar selaras dengan kebutuhan industry, serta kedua belah pihak sepakat untuk segera merealisasikan dalam bentuk kemitraan sesuai dengan poin-poin pernikahan masala tau program Link and Match”, ungkap Yuli Hananto.

Leave A Reply

Your email address will not be published.